Jakarta, 13/5 (ANTARA) - Menteri Kehutanan menutup Diklat Satuan Manggala Agni Reaksi Taktis (SMART) tahun 2011 pada Selasa 10 Mei 2011 di Lapangan Kalpataru Komplek Gedung Manggala Wanabakti Jakarta. Diklat diselenggarakan sejak tanggal 13 April hingga 10 Mei 2011 bekerjasama dengan Pemerintah Prop. DKI Jakarta di Pusat Pendidikan dan Latihan Kebakaran dan Penanggulangan  Bencana DKI Jakarta di Ciracas Jakarta Timur. Sebanyak 181 (seratus delapan puluh satu) anggota Manggala Agni yang  mengikuti diklat ini merupakan peserta terbaik dari 1605 anggota yang mengikuti tes seleksi. Pada tahun 2010 anggota SMART berjumlah 259 orang, maka dengan lulusnya 181  Manggala Agni pada pelatihan tahun ini, Kementerian Kehutanan memiliki kekuatan 440 anggota SMART. Pasukan ini merupakan pasukan yang memiliki keahlian khusus dan bersertifikasi dalam bidang pemadaman  kebakaran dan penanggulangan bencana maupun dalam bidang SAR (Search and Rescue) yaitu mampu melakukan evakuasi terhadap korban bencana.

     Diklat dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah yang telah berkomitmen mengantisipasi dan mengurangi kejadian serta menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah Indonesia telah menetapkan  3 (tiga) target utama, yaitu : (1) Menurunkan jumlah hotspot sebanyak 20% setiap tahun di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi;  (2) meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah dan masyarakat dalam usaha pengurangan resiko, mitigasi dan penanganan bahaya kebakaran hutan di 10 (sepuluh) provinsi; dan (3) menurunkan luas kawasan hutan yang terbakar hingga 50% pada tahun 2014.

     Strategi yang ditempuh dalam mencapai target tersebut adalah (1) Peningkatan upaya pencegahan melalui kampanye, penyuluhan, patroli pencegahan, pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA), monitoring hotspot, rapat-rapat koordinasi, penyusunan pedoman-pedoman; (2) Peningkatan kemampuan Manggala Agni melalui diklat, pembinaan, pengadaan peralatan dan penggunaan pesawat/helikopter, (3) Peningkatan upaya penanganan pasca kebakaran hutan bekerjasama dengan Polri dan PPNS kehutanan dalam penanganan kasus-kasus pembakaran hutan.

     Saat ini telah di bentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Manggala Agni sebanyak 30 (tiga puluh) Daerah Operasi (Daops) di 10 (sepuluh) Balai Besar/Balai KSDA/Taman Nasional. Selain 30 (tiga puluh) Daops tersebut, pada tahun 2011 akan dibentuk 4 (empat) Daops baru, yaitu di Provinsi Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Humas Kehutanan Kementerian Kehutanan.


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011