Pembatasan izin keramaian, khususnya terkait perayaan malam tahun baru...
Surabaya (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya, Jawa Timur siap berkonsentrasi dalam pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru 2022 mulai tanggal 17 Desember 2021, sesuai hasil kesepakatan bersama dalam rapat koordinasi pejabat forkopimda.

"Ada 347 kegiatan yang berkaitan dengan ibadah Natal dan malam Tahun Baru 2022, dan berada pada tanggal 24, 25 dan 31 Desember," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, di Surabaya, Selasa.

Dia mencontohkan, salah satunya ibadah di 47 gereja di Surabaya yang dilaksanakan pada 24 Desember 2021, dengan menggelar ibadah kebaktian mulai pukul 04.30 sampai 21.00 WIB.

"Begitu juga sebanyak 73 gereja menggelar Kebaktian Natal pada tanggal 25 Desember. Itu objek pengamanan kami yang tadi telah ditetapkan dan disepakati," ujarnya.

Yusep mengatakan, pengamanan ibadah Natal dan tahun baru di Kota Surabaya juga melibatkan personel dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta dibantu sejumlah organisasi masyarakat (ormas) seperti Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama dan Pemuda Muhammadiyah.

"Kami juga mohon dukungannya kepada seluruh elemen masyarakat dan semua pihak agar Kota Surabaya tetap aman, nyaman, dan kondusif, khususnya pada saat umat Nasrani menjalankan ibadah Natal dan perayaan malam tahun baru nanti," katanya.

Yusep menegaskan, pola pengamanan Natal dan tahun baru adalah menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021.

"Pembatasan izin keramaian, khususnya terkait perayaan malam tahun baru, juga disesuaikan dengan ketentuan Inmendagri 66 Tahun 2021, di antaranya tempat-tempat tertentu hanya diberi waktu sampai pukul 22.00 WIB," katanya pula.
Baca juga: Pemkot Surabaya terjunkan 2.700 personel amankan Natal-Tahun Baru
Baca juga: Ribuan personel Kota Surabaya amankan Natal dan Tahun Baru

Pewarta: A Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021