Palu (ANTARA News) - Panitia Pelaksana Hari Raya Waisak Tahun 2555/2011 di Palu, Sulawesi Tengah akan menggelar sejumlah kegiatan antara lain jalan santai dan lomba melukis.

Ketua Panitia Pelaksana Hari Raya Waisak di Palu Wijaya Candra, Sabtu, mengatakan selain menggelar jalan santai dan lomba melukis di kalangan anak TK, juga cerdas-cermat untuk siswa SMP/SMA, dan anjang sana ke beberapa panti asuhan setempat.

Ia mengatakan, semua kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Minggu (15/5) dipusatkan di sekolah Karuna Dipa yang berhadapan langsung dengan tempat sembayang umat Budha yakni Wihara Karuna Dipa terletak di bilangan Jln Sungai Lariang, Kecamatan Palu Barat.

Selain itu, pada puncak peringatan Hari Raya Waisak pada Selasa (17/5) usai umat Budha melaksanakan sembayang di Wihara akan ada kegiatan pertunjukan Barongsai, tarian leluhur dari China. Tarian Barongsai selalu digelar setiap perayaraan hari-hari besar Agama Budha, termasuk Imlek dan Waisak.

Namun demikian, kata Candra, perayaan Waisak kali ini hanya dilakukan sederhana.

Meski hanya akan dilaksanakan secara sederhana, tetapi diharapkan kebaktian dan pemanjatan doa pada acara puncak akan dihadiri oleh seluruh umat Budha yang ada di ibu kota provinsi itu. "Kami berharap semua umat Budha di Palu akan ikut menghadiri perayaan Waisak yang di pusatkan di Wihara Karuna Dipa," katanya.

Sementara tema Peringatan Hari Raya Waisak 2555/2011 adalah Kedamaian Cahaya Kebenaran.

Kedamaian dan kebahagiaan dalam ajaran Buddha memiliki kesamaan makna, manusia tidak akan bahagia apabila tidak menemukan kedamaian, demikian pula tidak ada kedamaian tanpa kebahagiaan.(*)

(T.BK03/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011