Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah memberangkatkan 100 suporter Persis Solo sebagai uji coba perdana penonton pertandingan sepak bola babak 8 besar Liga 2 Indonesia di Stadion Pakansari Bogor.

Pada acara pemberangkatan suporter Persis Solo dalam jumlah terbatas oleh Wali Kota Gibran Rakabuming Raka didampingi Dewan Penasehat Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, sebanyak 100 suporter menumpang empat armada bus, di halaman Balai Kota Surakarta, Jateng, Rabu.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebelumnya memutuskan uji coba dengan mengizinkan 100 suporter masuk stadion dari delapan tim yang berlaga pada babak 8 besar Liga 2 Indonesia pada tanggal 15--22 Desember.

Baca juga: Tiga pemain baru perkuat Persis Solo hadapi babak 8 besar Liga 

Menurut Gibran sebanyak 100 suporter Persis Solo tersebut berangkat ke Bogor untuk mendukung tim kesayangannya Persis Solo. Suporter ini, berangkat dengan naik empat armada bus dari Balai Kota Surakarta menuju Bogor.

PSSI dan Kemenpora sudah memberikan kelonggaran bagi penonton masuk stadion. Sehingga, pihaknya melepas keberangkatan suporter Persis Solo dari empat elemen suporter. Keempat elemen itu, yakni Pasoepati, Ultras, Surakatan, dan Garis Keras. Bus yang disewa untuk membawa 100 suporter Persis Solo ini dibiayai dari hasil patungan para suporter sendiri.

Dirinya hanya memberangkatkan secara simbolis saja. Semua suporter Persis Solo ini sudah divaksin, nanti sebelum masuk Stadion Pakansari Bogor, masih dilakukan tes antigen setiap penonton.

Baca juga: PSIM sambut baik uji coba kembalinya suporter di babak 8 besar Liga 2

Kendati demikian, Gibran berharap Persis Solo dapat meraih kemenangan pada laga perdana melawan klub milik Raffi Ahmad, Rans Cilegon FC.

Menurut Gibran lawan yang akan dihadapi Persis Solo di babak 8 besar semua tim memiliki kualitas yang baik termasuk Rans Cilegon FC.

Wakil Presiden Pasoepati Agus Ismiyadi mengapresiasi PSSI dan Kemenpora melonggarkan aturan dengan memperbolehkan 100 suporter masuk stadion. Ia berharap ke depan kuota suporter masuk ke stadion ditambah 50 persen.

Suporter yang berangkat ke Bogor mendukung Persis Solo hanya diminta membayar Rp45.000 per orang untuk biaya tes antigen. Suporter optimistis Persis Solo dapat unggul atas Rans Cilegon FC pada pertandingan perdana babak 8 besar di Bogor.

Baca juga: RD minta pemain Rans Cilegon FC nikmati laga melawan Persis Solo

Pertarungan Grup X babak 8 Besar Liga 2 Indonesia 2021 antara Persis dan Rans Cilegon FC berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor pada Rabu (15/12) pukul 20.30 WIB.

Tim Grup X yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor terdiri dari Persis, Persiba Balikpapan, Sriwijaya FC, dan Rans Cilegon FC, sementara Grup Y yang digelar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi, yakni PSMS Medan, Dewa United FC, PSIM Yogyakarta, dan Sulut United. ***3***

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021