diawali dengan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) di dua tempat, yaitu di Kantor Desa Air Anyir Kecamatan Merawang dan di LKS Al Kautsar Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka
Jakarta (ANTARA) - Provinsi Bangka Belitung (Babel) mendukung penuh perhelatan akbar Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2021 yang digelar oleh Kementerian Sosial (Kemensos) di wilayahnya.

“Kami mendukung HKSN 2021 dan dijadikan pendahulu bangsa membangun kesetiakawanan sosial nasional untuk mempertahankan UUD 1945 dan mewujudkan keinginan bersatu dan berbulat tujuan bergerak bersama-sama,” kata Wakil Gubernur Provinsi Babel Abdul Fatah dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Rangkaian HKSN diawali dengan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) di dua tempat, yaitu di Kantor Desa Air Anyir Kecamatan Merawang dan di LKS Al Kautsar Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan LBKS ini, kata Abdul Fatah, merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari HKSN tahun 2021 yang puncaknya bakal dihelat pada 20 Desember 2021 dan hari ada dua kegiatan dan Gubernur Babel berada di tempat berbeda.

“Pak Gubernur tidak bersama kami di sini, karena menghadiri acara serupa di tempat lain dari rangkaian LBKS dan untuk kegiatan pendahuluan di Kabupaten Bangka Barat mulai 18-19 Desember mendatang," ujar Abdul.

LBKS sebagai bagian dari rangkaian HKSN 2021 diisi dengan penyaluran bantuan sosial dari Kemensos, BUMN, lembaga kemanusiaan dan berbagai pihak terkait berupa bantuan bagi para penyandang disabilitas.

“Melalui kegiatan ini yang menghadirkan kawan-kawan dari Kemensos, Dinas Sosial provinsi. Semoga apa yang diberikan bermanfaat dan membawa pesan kesetiakawanan sosial dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, ” ujar Abdul.

Peringatan HKSN 2021 masih dalam suasana pandemi COVID-19, sehingga diingatkan agar melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.

Abdul mengatakan peringatan HKSN juga masih dihadapkan pada bencana alam seperti banjir rob dan curah hujan tinggi serta adanya pengaruh letusan Gunung Semeru di Pulau Jawa dan berbagai bencana lainnya di penjuru negeri.

Kemensos menyerahkan bantuan kearifan lokal Rp 100 juta masing-masing Rp50 juta untuk Sanggar Rudat al Badoh di Desa Zed dan Sanggar Perguruan Persilatan "Pulau Kelapa" Sungailiat Kabupaten Bangka oleh Gubernur Babel.

Selain itu, juga ada penyerahan bantuan sosial dana hibah, hadiah tidak tertebak/hadiah tidak diambil pemenang kepada Yayasan Pendaki Sehati Babel berupa satu unit kulkas dua pintu.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Merawang, Yahya, mengatakan selain bantuan dari Kemensos juga ada bantuan dari lembaga kemanusiaan berupa 150 paket sembako dari Baznas melalui PT Pos Indonesia, Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Jakarta, memberikan tiga unit kursi roda, 50 jilid alquran, 50 paket buku iqro untuk anak-anak taman pendidikan Alquran, serta peci dan jilbab.

Peringatan HKSN ke-64 tahun 2021 dipusatkan di Provinsi Kepulauan Babel dengan tema, “Perkokoh Solidaritas Sosial Indonesia Sejahtera,” yang bermakna di tengah pandemi COVID-19 perlu menjalin solidaritas untuk memperkuat ketahanan sosial.

Kesetiakawanan sosial sebagai modal sosial mewujudkan Indonesia tangguh dan tumbuh untuk memperkuat integrasi sosial, berkomitmen memecahkan tantangan bersama, menuju Indonesia Sejahtera.
Baca juga: Mensos instruksikan pengiriman bantuan korban gempa Larantuka
Baca juga: Mensos bantu urus dokumen agar korban pemerkosaan dapat bersekolah
Baca juga: Kemensos lakukan pendataan anak yatim piatu korban erupsi Semeru
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021