Wadi Khaled, Lebanon (ANTARA News/AFP) - Tembakan dari Suriah, Ahad menghantam sekelompok massa di tempat penyeberangan Al Boqayah, Lebanon dekat kota Wadi Khaled, menewaskan seorang dan mencederai lima lainnya, kara seorang personil keamanan.

Serangan itu terjadi ketika ratusan warga Suriah yang melarikan diri dari aksi kekerasan di negara mereka dengan berjalan kaki memasuki Lebanon.

Orang yang tewas itu adalah wanita Suriah, kata sumber-sumber itu.

Sejak Sabtu penduduk kota Suriah barat Tall Kalakh, yang dikepung tentara, melarikan diri bersama dengan ratusan orang lainnya menuju Lebanon utara.

Menurut seorang saksi mata dan seorang karyawan rumah sakit , setidaknya empat orang ditembak mati dan beberapa orang lainnya cedera akibat kena tembak pasukan keamanan di Tall Kalakh, Sabtu,ketika ribuan orang berkumpul untuk melancarkan protes hari kedua terhadap rezim Presiden Bashar al Assad.

Seorang saksi mata di Tall Kalakh mengemukakan kepada AFP penduduk merawat mereka yang cedera di sebuah klinik kecil bukannya di rumah sakit kota untuk mencegah korban ditangkap atau "dihabisi."

Pasukan keamanan menembaki satu konvoi yang akan menghadiri pemakaman, di jalan masuk ke kota itu menewaskan seorang ibu dan mencederai tiga anggota keluaga dari sorang korban bentrokan, kata penduduk Tall Kalakh.

Surat kabar Suriah Al Watan, yang dekat dengan rezim Bashar memberitakan di halaman depannya, Ahad banyak pria bersenjata meninggalkan Banias dan Homs dan mengungsi di Tall Kalakh, sementara "Pejuang-pejuang" dari Lebanon memasuki Suriah untuk memberikan dukungan mereka," kata surat kabar itu.

Koran itu tidak merinci mengenai klaim bahwa "para pejuang" telah memasuki Suriah dari perbatasan Lebanon utara untuk membantu para pemrotes antirezim itu.
(Uu.H-RN/B002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011