Ambon (ANTARA News) - Umat Kristen Protestan di Kota Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, dihimbau Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) jangan `golput` saat Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 16 Mei.

Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. John Ruhulesin, di Ambon, Senin menghimbau hal tersebut melalui surat pengembalaan ditandataganinya bersama Sekretaris Umum, Pdt.V. Untailawan, M.Th.

Surat pengembalan itu disampaikan dalam warta jemaat saat ibadah Minggu pada 8 dan 15 Mei 2011, menyerukan jangan ada warga gereja tidak menggunakan hak pilih atau golput.

Para pelayan, baik di klasis maupun jemaat secara moral berkewajiban mendorong agar sedapat mungkin semua warga gereja yang telah berhak memilih turut menggunakan hak pilihnya sebagai perwujudan dan tanggung jawab imannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Para pelayanan hendaknya menyadari bahwa memiliki tanggung jawab sebagai gembala bagi semua umat yang menjadi warga GPM.

Idialnya dalam kapasitas pelayan harus memperlihatkan sikap netral yang berpihak kepada delapan calon kepala daerah (Calkada), tanpa harus kehilangan hak pribadi.

"Jadi gunakanlah hak pribadi saudara hanya pada waktu dan tempat yang sama sekali tidak berhubungan dengan kegiatan atau institusi saudara layani sebagai pemimpin umat," tegas Ruhulesin.

Warga gereja yang berhak memilih hendaknya menggunakan politik secara kritis, cerdas dan independen.

Sedangkan warga gereja yang menjadi kandidat Wali Kota - Wakil Wali Kota Ambon dan Bupati - Wakil Bupati SBB harus tunjukkan sportivitas dari proses an dinamika politik beretika dan bermoral kristiani.

Para pelayan dan warga gereja juga diimbau mendoakan pelaksanaan Pilkada, baik dalam bentuk pribadi maupun ibadah - ibadah jemaat.

Sebanyak delapan calon kepala daerah akan memperebutkan 253.251 pemilih di 615 tempat pemungutan suara (tps).

Para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon adalah nomor urut 1. Daniel Palapia-La Suriadi (DAYA), 2. Ferry Wattimury-Awath Ternate (WATTE), 3. Richard Louhenapessy - Muhammad Armyn Syarif Latuconsina (PAPARISA), 4. Pasangan Ny. HJ Huliselen-Machfud Waliulu (SELALU), 5. Paulus Kastanya - La Hamsidi (KASIH), 6. Abraham Pakel-Saidin Ernas(BRASID), 7. Ny. Olivia Latuconsina - Andre Hehanussa (LATUNUSA) dan 8. Lukcy Watimurry-Hero Abdul Drachman (PATTIMURA).

Sedangkan calon Bupati dan Wakil Bupati SBB adalah Jakubus Puttileihalat - La Ode Mohammad Husni diusung Partai Golkar, Demokrat, PPP, PAN, Republikan, PNI Marhains dan PPPI.

La Kadir - Sohilay oleh Parta Gerindra, Hanura, PDPI, PDK, PPPI dan PPRN.

Nurdin Mony - Ruben Turukay diusung PKPB, Pelopor, Partai Buruh, Kedaulatan, PNBKI, PIS, PPNUI dan Barnas.

Mohammad Yasin Payapo - La Nurdin oleh Partai Hanura, PPRN, PBR dan Republikan serta Irwan La Aru - Hanok Mandaku diusung PDI Perjuangan, PKS dan PBB.

Yance Haumasse - Zahlan Heluth merupakan satu-satunya pasangan dari jalur independen yang didukung 11.453 dari 10.919 pemilih sebagai syarat minimal yang harus dipenuhi calon perseorangan.  (L005/K005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011