Oklahoma City (ANTARA News) - Oklahoma City Thunder mengalahkan Memphis Grizzlies 105-90 Minggu dan maju ke putaran final kompetisi bola basket nasional Amerika NBA Wilayah Barat.

Thunder bangkit dari ketertinggalan 13 poin di Memphis dua hari lalu dan kini menang mudah pada pertandingan penentuan yang ketujuh di kandang sendiri, ketika pemain "forward" Kevin Durant menyumbang 39 poin dan sembilan rebound.

Kemenangan Oklahoma 4-3, membuat mereka maju ke pertandingan final Wilayah Barat yang diadakan juga dalam tujuh laga, melawan Dallas Mavericks, di Texas mulai Selasa.

Seperti halnya timnya, Durant pun dengan cepat bangkit dibanding penampilannya pada permainan Jumat saat mereka kecolongan. Pada pertandingan itu, Durant yang berusia 22 tahun hanya mencetak 11 poin dengan lemparan "3-for-14" tetapi kini ia prima lagi saat melawan Grizzlies.

"Saya berusaha tampil agresif, tidak perduli mencetak angka 10 atau 30," kata Durant kepada wartawan setelah kemenangan Minggu itu.

"Teman setim saya tetap bertahan, tetapi memberi bola kepada saya dan saya mampu melakukan lemparan yang baik," katanya.

Memphis mendapat 18 poin dari Mike Conley dan 17 serta 10 rebound dari Zach Randolph, terapi tim tamu tidak sanggup mengejar Thunder,

yang bermain cepat dan memimpin 11 poin pada kuarter kedua dan memimpin delapan poin pada paruh waktu pertama.

Grizzlies sempat unggul 52-49 pada kuarter ketiga, tetapi Oklahoma City memburu dengan melakukan lemparan 14-2 sehingga kedudukan akhirnya menjadi 66-51 dengan sisa waktu 1:23 pada kuarter itu.

Ini merupakan yang pertama Oklahoma maju ke babak final wilayah (Conference Final).

Kekalahan pada pertandingan "playoff" itu mengakhiri laju tim unggulan kedelapan Grizzlies, yang mengalahkan San Antonio Spurs pada putaran pertama sebelum mengalahkan Oklahoma City.

Memphis tidak pernah memenangi pertandingan "playoff" sebelum tahun ini dan kemenangan yang tidak diduga itu bisa jadi akibat inspirasi mereka setelah kota itu dilanda banjir, demikian Reuters melaporkan.  (A008/F005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011