Moskow/Vladivostok (ANTARA News) - Laksamana Armada Kapal Penyerang Rusia, Panteleyev akan mengunjungi Singapura dan Indonesia pada 16-27 Mei untuk turut serta dalam pameran pertahanan laut IMDEX-2011 dan mengadakan latihan gabungan dengan Angkatan Laut Indonesia.

Pameran Internasional Pertahanan Laut (IMDEX) Asia, yang dilaksanakan dua kali setahun, akan diadakan di Singapura pada 17-19 Mei.

"Kapal perang Rusia pernah mengambil bagian dalam pameran itu beberapa kali sebelumnya," kata juru bicara armada Kapten Pertama Roman Martov.

"Sebagai contoh, kapal induk Rusia Varyag - kapal komando untuk Armada Pasifik - pernah mengunjungi Singapura dalam acara yang sama pada 2009," jelasnya.

Laksamana Panteleyev, dengan kapal penghancur kelas Udaloy, akan menetap di Singapura hingga 20 Mei sebelum berangkat ke Indonesia guna berpartisipasi dalam latihan anti-perompak dengan TNI AL.

"Selama kunjungan, kapal perang Rusia dan Indonesia akan melakukan beberapa latihan anti-perompak," kata Martov menambahkan misi simulasi akan melibatkan penyelamatan dari kapal tanker yang dikuasai oleh perompak.

Kapal perusak Rusia akan berlabuh di pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, pada 25-27 Mei.

Laksamana Panteleyev pernah ikut dalam misi penumpasan perompak internasional di pesisir Somalia pada 2009.

Kapal perang tersebut merebut kapal membawa 29 orang diduga perompak, dipercaya terlibat dalam serangan tidak berhasil terhadap kapal tanker berawak warga Rusia yang berlayar menuju Singapura.

Kapal penghancur itu juga pernah mencegah serangan perompak terhadap kapal kargo saat mengawal konvoi berisi enam kapal dagang.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011