London (ANTARA) - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menginspeksi garnisun Arktika atau kawasan Kutub Utara yang terpencil di Armada Utara, kata kemenhan pada Sabtu, saat satu detasemen kapal perang dikirim ke Samudra Arktika untuk melaksanakan tugas.

Shoigu menginspeksi infrastruktur militer serta "kesiapan untuk tindakan melindungi dan mempertahankan fasilitas penting", kata kementerian itu di aplikasi perpesanan Telegram.

Sebuah detasemen kapal perang, termasuk kapal perusak Wakil Laksamana Kulakov, kapal pendarat Alexander Otrakovsky dan kapal penyelamat Altai berangkat ke Kutub Utara, menurut kemenhan.

Masih belum diketahui kapan pastinya Shoigu mengunjungi armada tersebut. Hal ini memulai pelatihan militer pada Jumat (11/8) yang bertujuan untuk melakukan tindakan guna melindungi kedaulatan Rusia di perairan Rute Laut Utara, kata armada tersebut.

Sebagai bagian dari pelatihan tempur, pesawat pencegat tempur MiG-31 melakukan pertahanan udara, pengintaian udara dan perlindungan untuk pasukan dan pasukan yang beroperasi di zona Arktika, sebut kementerian itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia dan India bahas pengembangan pelayaran melalui Laut Kutub Utara
Baca juga: Rusia dukung perusahaan swasta eksplorasi celah Kutub Utara
Baca juga: Rusia bentuk komando militer Kutub Utara

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023