Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Vietnam telah memberikan kewarganegaraan kepada sedikitnya lima pemain asing yang pernah berlaga dalam kompetisi V-League dan Divisi I Vietnam.

Kelimanya adalah Marcelo Barbieri (dari Brazil) yang bermain di klub Hoang Anh Gia Lai, Wandwasi Rodgers (Uganda) di klub Thanh Hoa, Jonathan Quartey (Ghana) memperkuat klub Hanoi ACB, Thierry Ngale (Kamerun) di klub Song Lam Nghe An dan Amaobi Uzowuru (Nigeria) dalam klub Binh Dinh.

Mengutip aseanfoorball.org, dengan diakui kewarganegaraannya, kelima pemain ini boleh memakai nama lokal dan sekarang pun mereka dikenal berturut-turut dengan nama Doan Marcelo, Nguyen Van Rodgers, Le Van Tan, Le Hoang Phat Thierry dan Dang Amaobi.

Semua pemain ini telah tinggal di Vietnam selama lima tahun dan memenuhi ketentuan permintaan untuk menjadi warga negara Vietnam.

Dengan masuknya lima pemain ini, maka sudah ada 18 pemain asing yang dinaturalisasi Vietnam.

15 pemain bermain di delapan klub V-League, sementara tiga lainnya bermain di Divisi I Vietnam.

Klub Ninh Binh saat ini berada pada peringkat teratas pemain asingnya dengan tiga pemain yang dinaturalisasi.

Mantan pemain klub V-League, Dong Tam Long An, Fabio Dos Santos adalah pemain asing pertama yang memperoleh kewarganegaraan Vietnam, tetapi dia hanya satu kali memperkuat Timnas Vietnam dalam pertandingan persahabatan melawan tim Olimpiade Brazil pada 2008.(*)

T009/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011