Beliau mengatakan, yang menggulirkan dan mempelopori program KB adalah saya sendiri, dan istri saya adalah orang yang pertama masuk KB,"
Banjarmasin (ANTARA News) - DR KH Idham Chalid adalah sosok yang menggagas program Keluarga Berencana saat menjabat Menteri Kesejahteraan Rakyat beberapa dasawarsa lalu.

"Bahkan beliau mengatakan, istrinya adalah orang yang pertama menjadi peserta program Keluarga Berencana (KB)," kata mantan Gubernur Kalimantan Selatan Ir H M Said, pada seminar perjuangan DR KH Idham Chalid di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengakui, saat program KB digulirkan pertama kali, ulama Kalimantan Selatan menolak program tersebut. Para ulama di Kalsel ke Jakarta meminta penjelasan kepada Idham Chalid terkait program KB.

"Beliau mengatakan, yang menggulirkan dan mempelopori program KB adalah saya sendiri, dan istri saya adalah orang yang pertama masuk KB," kenang Said.

Setelah mendengar penjelasan program KB dari Idham Chalid, para ulama baru mengerti dan pulang ke Banjarmasin.

Dalam seminar tersebut, Said menjelaskan berbagai perjuangan KH Idham Chalid untuk Indonesia. Dia mengemukakan  sosok tersebut memiliki  pengalaman dalam menjadi tokoh agama, partai politik, serta tokoh nasional.. "KH Idham Chalid  sangat layak mendapat penghargaan sebagai pahlawan nasional."
(I022/S019)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011