Webber Akhiri Ambisi Vettel Raih Enam Pole

Webber Akhiri Ambisi Vettel Raih Enam Pole

Pembalap F1 Red Bull Mark Webber dari Australia. (FOTO ANTARA/REUTERS/Samsul Said)

Barcelona (ANTARA News) - Pembalap Australia dari tim Red Bull Mark Webber meraih posisi start terdepan untuk pertama kalinya musim ini di GP Spanyol sekaligus mengakhiri ambisi rekan setimnya Sebastian Vettel untuk meraih posisi pole yang keenam kalinya berturut-turut.

Juara dunia Formula Satu Sebastian Vettel, pemenang tiga dari empat balapan sebelumnya yang kesemuanya diawalinya dari posisi start terdepan, termasuk start terdepan di seri GP Abu Dhabi tahun lalu, akan memulai balapan berdampingan dengan Webber di grid terdepan pada tempat kedua.

Sementara pebalap McLaren Lewis Hamilton dan pebalap Ferrari Fernando Alonso akan berada di baris kedua pada lomba yang akan diadakan pada Minggu (22/5).

"Saya rasa kita tidak perlu membahas tentang kecewa atau tidak kecewa, yang penting kami terus berada di depan dan terus meninggalkan para lawan," kata Vettel yang mencatatkan posisi start di garis depannya yang kesepuluh secara berturut-turut.

"Webber jelas melakukan pekerjaan lebih baik hari ini," kata Vettel dikutip Reuters.

Pembalap Australia itu belum pernah memenangi balapan pada musim ini, namun pada tahun lalu dia adalah juara di sirkuit ini.

Di Sirkuit Catalunya itu siapa yang berhasil meraih posisi pole tercatat selalu berhasil menang di sirkuit ini dalam sepuluh tahun terakhir.

Meskipun demikian, aturan baru tentang sayap belakang yang fleksibel, sistem pemulihan energi kinetik dan ban Pirelli yang cepat aus bisa jadi merupakan faktor penentu dalam balapan itu nanti sehingga dapat diharapkan aksi terdapat aksi salip menyalip dan perlombaan pitstop pada balapan nanti.

"Saya akan menikmati tidur indah saya malam ini dan kembali lagi kesini besok untuk melakukan yang terbaik yang dapat saya lakukan," kata Webber setelah mencatat posisi start terdepannya yang pertama semenjak balapan seri GP Belgia pada Agustus tahun lalu, dan yang ketujuh selama karirnya di F1.

Michael Schumacher, juara dunia tujuh kali yang telah menjuarai seri GP Spanyol itu sebanyak tujuh kali di Barcelona bersama tim Benetton dan tim Ferrari,tidak turun pada putaran terakhir sesi kualifikasi itu dan oleh karenanya dia harus puas berada di tempat kesepuluh.

Schumi akan start satu posisi di belakang pembalap rookie dari Venezuela Pastor Maldonado yang mencatatkan posisi 10 besarnya yang pertama bersama Williams, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-OKS/A032)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar