Jakarta (ANTARA News) - Pemain biola remaja, Cecillia Young, memadukan musik tradisional Bali ke dalam musik klasik modern lewat kepiawaiannya menggesek biola pada album instrumental, Bali Sutrepi.

Pada siaran pers yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu, disebutkan pemain muda biola itu terobesesi melestarikan budaya Indonesia dan menggandeng Yulianto E untuk meng-arrasement perpaduan perpaduan antara musik barat dan timur itu.

Dari struktur musik, Bali Sutrepti yang asli musik tradisional Bali itu, lebih banyak memiliki kesamaan karakter instrument yang bercorak pada karakter musik Jawa dan Sunda. "Sehingga boleh dibilang , dari gesekan biola Cecillia, `audience` dapat dengan mudah mencerna sajian musik tradisional yang diangkat ke dalam musik klasik itu," katanya.

Tema album perdana putri pasangan dari Yohanes ST MBA dengan Caroline Young, sendiri mengangkat judul "Bali Sutrepti dari musik tradisional di aransement ke musik klasik."

Album beserta video clip yang "shooting"-nya diambil di Pura Aditya Jaya Rawamangun, Jakarta Timur, itu akan diluncurkan pada 26 Mei di Bali dan Jakarta. Setelah itu CD dan DVD album perdana Cecillia itu akan diedarkan.

Untuk konsumen yang ingin mendengarkan serta menikmati musik perpaduan antara Timur dan Barat ini, katanya, bisa memperoleh album itu melalui email omyohaness@yahoo.com dengan menganti biaya produk untuk CD Rp15.000 dan DVD sebesar Rp25.000 per keping ditambah ongkos kirim.

Sebagian dari kelebihan dari biaya produksi akan disumbangkan ke yayasan panti asuhan, dan tempat- tempat ibadah di Indonesia .
(R016/A038)



Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011