Kami ingin mengurangi risiko bagi tim utama hingga nol"
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona harus memajukan perjalanan mereka menuju London untuk menjalani final Liga Champions untuk berangkat Selasa malam ini waktu setempat karena kemungkinan gangguan penerbangan akibat abu vulkanik di Eslandia.

"Mengingat ketidakpastian yang disebabkan oleh abu gunung api Grimsvotn, tim utama FC Barcelona akan berangkat ke London hari ini, Selasa, pada pukul 2200 (20.00 GMT)," kata Barca dalam pernyataan di laman mereka (www.fcbarcelona.cat) seperti dikutip Reuters.

Toni Freixa, juru bicara dewan direksi klub Spanyol itu mengatakan Barca mempunyai tiga pilihan untuk bertandang melawan  Manchester United di Stadion Wembley Sabtu ini. 

Pertama, penerbangan langsung ke London pada Selasa malam, kedua penerbangan ke Paris Selasa malam dan kereta melalui Terowongan Selat Channel ke LondonRabu pagi,  atau perjalanan kereta malam ke Paris Selasa dan kereta ke London pagi harinya.

Para pemain dan ofisial Barcelona semula merencanakan berangkat ke ibu kota Inggris itu Kamis.

"Kami ingin mengurangi risiko bagi tim utama hingga nol," kata Freixa.

Organisasi pengendali lalu lintas udara Eropa, Senin, mengatakan, jika emisi gunung berapi berlanjut dengan rata-rata yang sama, awan gelap bisa mencapai wilayah udara Prancis barat dan utara Spanyol Kamis.

Barca terpaksa melakukan perjalanan menggunakan bus ke Milan untuk pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions melawan Inter musim lalu setelah gunung berapi lain di Islandia meletus dan menyebabkan macetnya perjalanan udara di Eropa.

Mereka kalah pada pertandingan tersebut 1-3 dan tersingkir dengan agregat 2-3 setelah pertandingan leg kedua di Barcelona.(*)

F005/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011