Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Martin Manurung mendorong pengembangan usaha mikro untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Tapanuli Utara.

"Program-program yang berkaitan dengan usaha mikro, seperti usaha tenun milik warga, pertanian hingga berbagai usaha yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Martin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Hal itu juga disampaikan Martin saat melakukan kunjungan kerja ke Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dalam kunjungan itu, Martin turut membagikan berbagai jenis bantuan ke masyarakat dengan total mencapai Rp800 Juta.

"Tapanuli Utara perlu peningkatan sektor usaha mikro. Harapannya dengan bantuan yang telah disalurkan menjadikan para pengusaha kecil berkembang menjadi pengusaha menengah, kalau bisa menjadi usaha besar," tutur Martin.

Bantuan yang diberikan Martin terdiri dari alat pertanian, perlengkapan tenun, perbaikan jalan desa hingga renovasi rumah ibadah.

Baca juga: Anggota DPR dorong pemerintah perbaiki sistem peringatan dini bencana

Baca juga: Ketua DPR apresiasi program modernisasi alutsista TNI AU


Martin menjelaskan bantuan tersebut merupakan aspirasi kelompok masyarakat dan pemuka agama yang telah ditampung sebelumnya. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga berharap bantuan yang ia serahkan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

"Saya berharap bantuan ini dapat menjadi peningkatan ekonomi. Ke depan kita akan lihat sejauh mana penggunaan dan pemanfaatan alat-alat maupun bantuan yang diterima," ucap Martin menegaskan.

Ketua Kelompok Tenun Teguh Untuk Maju Farida Manik menyampaikan ucapan terima kasih kepada Martin Manurung atas bantuan yang mereka terima.

"Seumur-umur kami belum pernah mendapatkan bantuan. Kami berjuang dengan modal sendiri. Padahal usaha kami merupakan ikon budaya Batak. Terima kasih Bapak Martin Manurung. Semoga tetap sehat dan dalam lindungan Tuhan, agar dapat terus membantu kami masyarakat kecil," kata Farida.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021