kami ingin masyarakat Kepulauan Seribu mendapat kesetaraan pelayanan
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta memperluas akses layanan kesehatan demi memberikan keadilan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu dengan meluncurkan kapal ambulans Abdulrachman Saleh, Kamis ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan kapal ambulans ini merupakan ikhtiar Pemprov DKI Jakarta dalam menghadirkan kesetaraan akses dan pelayanan kesehatan.

"Kami ingin mereka yang tinggal di kepulauan merasakan kesetaraan pelayanan. Kami tengah mengirimkan pesan pada seluruh penduduk Ibu Kota bahwa kesetaraan kesempatan dan pelayanan harus hadir. Itu artinya apa yang dikerjakan di daratan harus bisa dikerjakan juga di wilayah kepulauan," kata Anies dalam peluncuran di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga memaparkan makna pemberian nama pada kapal ambulans tersebut yakni Abdulrachman Saleh merupakan seorang pahlawan nasional asal Jakarta yang merupakan dokter pada periode awal kemerdekaan, ahli ilmu faal, perintis teknologi radio, sekaligus perintis penerbangan Indonesia.

"Nama yang diberikan adalah Profesor dokter Abdulrachman Saleh. Terima kasih sudah hadir di sini, keluarga dari Bapak Abdulrachman Saleh. Semasa hidup beliau dijuluki karbol yang berarti teladan, dia salah seorang dokter periode awal dari Jakarta, bapak ilmu faal, dan lain sebagainya," tuturnya.

Hal ini, tambah Anies, membuktikan bahwa Jakarta dipenuhi orang yang menghibahkan nyawanya untuk memperjuangkan keadilan.

"Bukan semata-mata merdeka, dan ketika kapal ambulans ini mau diberi nama, kita harus memberi nama yang membawa pesan dan Abdulrachman Saleh ini sangat tepat," ujarnya.

Kapal Ambulans Prof Abdulrachman Saleh ini merupakan Kapal Ambulans Gawat Darurat pertama yang mempunyai tiga ruangan, antara lain ruang advance, ruang infeksius yang di dalamnya terdapat hepafiler, dan ruang basic dan perina yang dilengkapi dengan inkubator.

Hadirnya kapal ini diharap dapat membantu penanganan layanan kesehatan yang bersifat darurat.
Baca juga: 2.218 paket sembako disalurkan ke yatim dan duafa Kepulauan Seribu
Baca juga: Kebutuhan air bersih di Kepulauan Seribu telah terpenuhi
Baca juga: Kepulauan Seribu optimis vaksin anak 6-11 tahun berjalan lebih cepat

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021