Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, meninjau Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan penanganan penumpang di pintu kedatangan internasional Bandara Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19.

"Setiap harinya ada sekitar 3.000 sampai dengan 4.000 penumpang internasional yang datang ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Menhub instruksikan pengecekan acak di kawasan wisata dan perbelanjaan

Dalam kesempatan itu, Menhub meminta kepada PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara, untuk melakukan upaya-upaya mencegah terjadinya penumpukan penumpang.

“Sebagai langkah antisipatif, saya meminta Terminal 2F dibuka dan dimanfaatkan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sehingga tidak terjadi penumpukan di satu titik kedatangan internasional,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada Perum Damri untuk menambah jumlah bus yang membawa pelaku perjalanan internasional ini baik ke wisma atlet maupun hotel-hotel yang telah ditunjuk.

Selain itu, Menhub ikut menginisiasi pembukaan pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Menhub ingatkan penanganan lalu lintas harus tetap humanis

"Karena sekitar 30 persen pelaku perjalanan internasional ini berasal dari Surabaya dan Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan diskusi hari ini, pihak Bandara Juanda menyatakan sudah siap," katanya.

Menhub juga memastikan tidak ada penambahan penerbangan atau extra flight di masa libur Nataru ini.

Pada kesempatan yang sama, Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pelayanan kepada pelaku perjalanan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini lebih baik.

Ia menyebut, pelayanan penumpang yang akan melakukan karantina, antriannya lebih cepat dan tidak penuh sesak.

Selain itu, Menkes juga memastikan harga hotel untuk karantina telah dibuat transparan dan menggunakan sistem yang lebih jelas, untuk menghindari oknum yang memberikan harga yang tidak wajar.

Baca juga: Menhub ungkap upaya antisipasi lonjakan pergerakan di pelabuhan

Adapun Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan,pihaknya akan memastikan pengawasan di lapangan dijalankan dengan baik, khususnya untuk memastikan proses karantina benar-benar dilaksanakan.

Kapolri juga telah meminta agar pelanggar ketentuan ini dapat diproses secara hukum yang berlaku.

Selain meninjau pelayanan pelaku perjalanan internasional, Menhub dan sejumlah pejabat juga sempat meninjau lokasi vaksinasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Hal ini guna memfasilitasi penumpang yang belum melakukan vaksin dua kali.

Baca juga: Menhub: Cek keselamatan armada bus wisata jelang libur akhir tahun

Baca juga: Menhub: Tidak ada istilah putar balik kendaraan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021