Jakarta (ANTARA) - Pelatih Madura United Fabio Lefundes memastikan akan terdapat perubahan komposisi pemain asing dalam menghadapi putaran kedua Liga 1 2021.

Pelatih asal Brazil itu menyampaikan langkah tersebut diambil karena dia membutuhkan komposisi skuad yang memiliki level kemampuan serupa dan karakter bermain yang sesuai kebutuhan tim.

"Ada berapa perubahan, tapi sampai akhir bulan ini, kami ada keputusan," kata Fabio dalam laman resmi klub, Jumat.

Fabio menyebutkan perubahan komposisi pemain asing tidak dilakukan sekarang, tetapi akan menunggu akhir tahun.

Selama ini, Laskar Sape Kerrab memang memiliki kebiasaan mengubah komposisi pemain asing setiap paruh musim Liga 1 sejak 2017-2019 meski tidak langsung merombak semua pemain.

Komposisi pemain asing Madura United putaran pertama Liga 1 2021-2022 adalah Jaimerson Xavier (stoper), Hugo Gomes dos Santos Silva (gelandang serang), Kim Jin-sung (gelandang bertahan), Rafael Silva (striker).

Selama putaran pertama, Jaime tampil konsisten dan tidak tergantikan, bahkan menjadi tembok utama dari beberapa perubahan partner, mulai dari Fachrudin W Aryanto, Kim, hingga Kadek Raditya Maheswara.

Pemain yang dijuluki Si Tiang Suramadu itu tidak hanya membantu pertahanan, namun kerap membantu serangan dan juga sudah menyumbangkan masing-masing satu gol dan assist.

Baca juga: Greg Nwokolo berambisi bawa Madura United ke papan atas

Kim juga menjadi pemain yang sering diturunkan. Tidak hanya diplot sebagai gelandang bertahan, melainkan juga menjadi stopper.

Selama berlaga, Kim baru menyumbangkan satu assist pada laga debutnya. Namun, pemain asal Korea Selatan itu menuai banyak kritikan dari suporter dan netizen.

Untuk Jaja, sapaan akrab Hugo Gomes dos Santos Silva, tampil konsisten dan sering mempertontonkan olah bola yang ciamik ciri khas negara asalnya, Brazil sehingga mampu mencuri hati pecinta dan suporter Madura United.

Gelandang serang itu juga tercatat sebagai pemain tersubur musim ini walaupun bukan predator di depan gawang lawan.

Jaja sudah membukukan enam gol, serta menjadi pemberi assist terbanyak, melalui tiga umpan kunci yang berbuah gol.

Terakhir, Rafael yang sempat menyita perhatian pada awal bergabungnya dengan Madura United.

Namun, menjelang putaran pertama berakhir, Rafael terpaksa absen empat laga akibat kelakuannya sehingga disorot netizen dan suporter meski sudah menyumbangkan enam gol pada putaran pertama.

Kendati sudah banyak argumentasi dan sorotan dari warganet dan suporter, manajemen Madura United belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait pemain asing yang akan terdepak.

Baca juga: Skuad Madura United diminta tingkatkan performa di putaran kedua

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021