Monte Carlo, Monaco (ANTARA News/AFP) - Juara dunia bertahan Sebastian Vettel,  mengamankan posisi pada urutan start pertama perlombaan Formula Satu Monaco GP, sedangkan pebalap dari Mexico, Sergio Perez, mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi Sabtu sehingga kualifikasi dihentikan sekitar 1,5 jam.

Pebalap berusia 23 tahun dari Jerman itu, di atas kendaraan Red Bull, tampil tercepat dengan waktu satu menit 13,556 detik beberapa saat sebelum Perez mengalami kecelakaan mengejutkan ketika kendaraannya menabrak batas pengaman., kemarin.

Sesi kualifikasi dihentikan dan Perez dibawa menggunakan tandu dan kendaraannya yang rusak akibat insiden drastis itu juga dibawa keluar dari lintasan.

Sauber kemudian mengumumkan, pebalap mereka berusia 21 tahun itu tidak akan melanjutkan perlombaan Minggu setelah dokter menyatakan ia cedera di beberapa bagian termasuk di bagian pahanya.

Ketua Tim Peter Sauber mengatakan, "Tentu saja kami lega karena Sergia tidak mengalami luka serius. Sebelum mengalami insiden itu, ia berlomba amat bagus, lebih bagus dari yang diharapkan, karena ia mampu bersaing dengan para pebalap berpengalaman."

Juara bertahan Vettel tampil di posisi pole pertama kalinya di Monaco dan keenam dalam tujuh lomba musim ini, termasuk lomba terakhir musim lalu di Abu Dhabi.

Pada perlombaan Minggu, ia mengincar kemenangan pertama di Monaco dan kedelapan dalam 10 putaran lomba.

Pebalap dari Inggris Jeson Button di atas McLaren berada di urutan kedua tercepat setelah urutan ketiga dari Australia Mark Webber di atas kendaraan Red Bull kedua disusul pebalap dua kali juara dunia dari Spanyol Alonso di atas Ferrari.

Pebalap enam kali juara di Monaco dan tujuh kali juara dunia Michael Schumacher (42) dari Jerman yang memacu Mercedes, di tangga kelima di atas pebalap ari Brazil Felipe Massa yang memacu Ferrari dan atlet dari Inggris Lewis Hamilton di atas McLaren kedua.(*)
(A008/A011) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011