Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan komputer China, Lenovo Group Ltd, sepakat untuk membeli peritel elektronik Jerman, Medion AG, seharga 900 juta dolar dalam upayanya meningkatkan pangsa pasar di Eropa.

Akusisi terbesar Lenovo sejak mereka membeli bisnis PC IBM enam tahun lalu ini, hanya empat bulan setelah Lenovo menandatangani kesepakatan kerjasama dengan NEC Corp untuk menjual laptop di Jepang.

Kesepakatan itu akan menggandakan pangsa pasar menjadi lebih 14 persen dalam pasar PC di Jerman, ekonomi terbesar Eropa, dan ditambah pangsa sekitar 7,5 persen di pasar PC Eropa barat, kata Lenovo pada Rabu sebagaimana dilaporkan Reuters.

Berita ini mendorong saham Medion menguat 17 persen di Frankfurt, tetapi saham Lenovo turun lebih dari 3 persen karena beberapa investor mempertanyakan alasan akuisi itu.

"Lenovo mungkin ingin menguatkan kehadirannya di pasar yang matang," kata Vincent Chen, analis dari Yuanta Securities. "Pertanyaannya adalah mengapa Jerman, pasar yang tumbuh sangat lambat dan menimbulkan pertanyaan tentang berapa banyak keuntungan yang akan didapatkan."

Medion merupakan pemasok komputer harga rendah dan perangkat elektronik yang berbasis di Kota Essen, Jerman bagian barat. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan jaringan diskon ritel Jerman, Aldi, dua dekade lalu.

Medion didirikan oleh Gerd Brachmann, seorang insnyur TV, yang meluncurkan usahanya dengan mengimpor item-item non-makanan, seperti microwave dari Asia.

Kedua perusahaan sepakat tidak akan ada pengurangan tenaga kerja terkait akuisisi tersebut, dan manajemen Medion tetap berada dalam posisinya.

Pembuat laptop Thinkpad, Lenovo, akan membayar 231 juta euro (340 juta dolar) atau 13 euro per saham kepada pemegang saham terbesar Medion, Branchmann, untuk 36,6 persen saham.

Brachmann yang memiliki hampir 55 persen, setelah transaksi itu masih akan menguasai 20 persen saham. CFO Eigen, yang memegang 75 ribu lembar saham, juga sepakat untuk mendivestasi sahamnya, dan Lenovo akan membuat penawaran bersyarat kepada semua pemegang saham lainnya.

"Melalui proses ini kita akan memperoleh 55 hingga 80 persen saham perusahaan (Medion)," kata juru bicara Lenovo.

Secara global, Lenovo memiliki pangsa 10 persen di pasar PC pada kuartal pertama 2011, naik 8,4 persen dari tahun lalu. Ini merupakan kinerja terbaik diantara lima pemain top yang dilacak oleh perusahaan riset IDC.

Chief Executive Lenovo Yuanqing Yang mengatakan, perusahaan terbuka untuk transaksi pengambilalihan lainnya sebagai upaya mengembangkan bisnis.

Barclay Capital menjadi penasihat keuangan tunggal untuk kesepakatan dengan Medion ini.

(S026/B010)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011