Brasilia (ANTARA News) - Amerika Latin layak memiliki suara yang lebih kuat di Dana Moneter Internasional, Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens mengatakan Rabu di Brasil dalam upaya mencari dukungan untuk tawaran memimpin organisasi keuangan global.

Carstens bertemu Menteri Keuangan Brazil Guido Mantega hanya dua hari setelah Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde berkunjung untuk mencoba mendapatkan dukungan Brazil untuk pencalonannya menjadi ketua IMF.

"Amerika Latin pada umumnya dan Brazil serta Meksiko pada khususnya harus memiliki tingkat partisipasi yang lebih besar di tingkat tertinggi lembaga," kata Carstens kepada wartawan setelah pertemuan.

"Sangat penting bahwa Amerika Latin memiliki suara kuat," katanya.

Untuk mitranya, Mantega setuju bahwa kawasan itu "harus diwakili lebih baik dalam struktur Dana, mengingat pentingnya pertumbuhan ekonomi -- yang berarti memiliki peran yang lebih besar dalam pengambilan keputusan sehari-hari."

Carstens, 52, telah melobi untuk pos direktur pelaksana yang dikosongkan bulan lalu oleh Dominique Strauss-Kahn setelah pria Prancis itu ditangkap atas tuduhan kekerasan seksual di New York.

Kepala bank sentral Meksiko akan bertemu Kamis di sini dengan kepala bank sentral Brazil, Alexandre Tombini.

Seorang mantan menteri keuangan Meksiko, Carstens berlomba-lomba untuk pos IMF yang berpengaruh, terhadap calon Lagarde yang telah menerima dukungan dari negara-negara Eropa yang besar.

IMF akan menerbitkan daftar lengkap calon pada 17 Juni. Seleksi akhir diharapkan akan diumumkan pada 30 Juni.

Dewan eksekutif IMF, yang anggotanya mewakili sebuah negara atau sekelompok negara, bertujuan untuk memilih ketua berikutnya dengan konsensus, tapi bisa juga dengan pemungutan suara, demikian AFP melaporkan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011