Jakarta (ANTARA) - Berikut berita seputar perkembangan pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia hari ini:

Kota Xian di China masuki sepekan penguncian

Penguncian wilayah (lockdown) bagi 13 juta penduduk kota Xian memasuki hari ketujuh pada Rabu ketika kasus baru COVID-19 terus bertambah. Banyak warga tak bisa ke luar rumah dan bergantung pada jasa pengiriman untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Xian pada Selasa melaporkan 151 kasus penularan lokal dengan gejala terkonfirmasi. Angka itu hampir menyamai 152 kasus secara nasional dan membuat total kasus di Xian mendekati 1.000 pada 9-28 Desember. Belum ada kasus varian Omicron dilaporkan dari kota itu.

Wabah Omicron Australia bebani klinik tes COVID

Kasus harian COVID-19 di Australia mencatat rekor pada Rabu akibat penyebaran cepat varian Omicron.

Klinik-klinik pengujian di negara bagian terpadat, New South Wales, kewalahan, sebagian disebabkan oleh negara bagian tetangganya, Queensland, yang mengharuskan pelancong dari negara bagian lain untuk memiliki hasil negatif tes PCR sebelum kedatangan.

Kebijakan "tes wisata" oleh Queensland itu dikritik keras oleh New South Wales setelah calon pelancong memadati klinik-klinik, sehingga penerbitan hasil tes tertunda hingga beberapa hari.

Otoritas Queensland akan melonggarkan aturan perjalanan domestik dengan mengganti tes PCR dengan tes cepat antigen mulai 1 Januari, kata Annastacia Palaszczuk, pemimpin negara bagian itu, Rabu.

Delta dan Alaska batalkan ratusan penerbangan

Maskapai AS Delta Air Lines dan Alaska Air Group membatalkan ratusan jadwal penerbangan pada Selasa akibat cuaca buruk dan lonjakan kasus varian Omicron.

Hingga Selasa atau hari kelima pembatalan pukul 14 waktu setempat (Rabu, 2 WIB), jumlah penerbangan domestik dan internasional yang dibatalkan mencapai 1.034 dan yang ditangguhkan berjumlah 2.694.

Meski demikian, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya belum berencana mengusulkan keharusan vaksinasi bagi penerbangan domestik seperti yang diusulkan sehari sebelumnya oleh Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka pemerintah.

Kota New York batasi karantina bagi kelas yang terpapar corona

Pemerintah kota New York (NYC) akan menghentikan kebijakan karantina bagi semua siswa dalam sebuah kelas yang terpapar virus corona. Siswa yang tidak bergejala dan hasil tesnya negatif dapat tetap bersekolah, kata pejabat pada Selasa.

Wali Kota New York Bill de Blasio menyebut kebijakan baru itu sebagai "Tetap Aman, dan Tetap Terbuka" dan akan diberlakukan mulai 3 Januari.

Sekitar satu juta murid dijadwalkan kembali ke sekolah pada Senin (3/1/2022) setelah liburan akhir tahun.

Sehari sebelumnya, CDC mengurangi waktu isolasi yang dianjurkan bagi warga AS yang terinfeksi COVID-19 tanpa gejala dari 10 hari menjadi lima hari.

Prancis catat rekor tertinggi kasus harian COVID

Prancis melaporkan 179.807 kasus COVID-19 terkonfirmasi dalam 24 jam pada Selasa. Angka tersebut menjadi rekor tertinggi di negara itu dan di Eropa, dan salah satu lonjakan tertinggi dalam sehari di seluruh dunia sejak awal pandemi.

Selama pandemi, hanya AS dan India yang pernah melaporkan rata-rata kenaikan harian di atas 200.000 kasus. Pada Senin, AS mencatat lebih dari 505.000 kasus baru COVID-19.

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021