Karawang (ANTARA News) - Ribuan umat Buddha dari Jawa Barat dan sekitarnya akan mendatangi Candi Jiwa yang berlokasi di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang, untuk mengikuti perayaan puja bakti Waisak 2555 BE, Minggu (5/6).

"Dipastikan akan hadir ribuan umat Buddha dari berbagai daerah di Jawa Barat dan DKI Jakarta ke Candi Jiwa untuk mengikuti puja bakti Waisak itu," kata Camat Batujaya, Dedi Ahdiat, di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, perayaan puja bakti Waisak di Candi Jiwa selalu digelar setiap tahun sejak beberapa tahun terakhir. Tetapi, umat Buddha yang hadir pada puja bakti Waisak kali ini diperkirakan lebih banyak, karena bertepatan dengan libur panjang cuti bersama.

Sesuai dengan koordinasi yang dilakukan kepada panitia perayaan puja bakti Waisak, kata Dedi, perayaan tersebut rencananya akan dimulai pada Minggu (5/6), sekitar pukul 13.00 WIB.

Untuk mengatasi membeludaknya umat Buddha yang akan hadir pada perayaan itu, pemerintah kecamatan setempat akan membatasi beberapa titik akses jalan agar steril dan tidak digunakan warga setempat untuk berjualan serta tidak digunakan untuk lahan parkir.

Rencananya, Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf akan hadir dalam perayaan puja bakti Waisak itu.

Selain itu, juga akan dihadiri Bupati Karawang Ade Swara dan jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang.

Candi Jiwa itu sendiri merupakan salah satu dari 17 situs yang berada di areal Situs Batujaya atau biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai Unur Jiwa.(*)
(T.KR-MAK/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011