Manado (ANTARA News) - Tingkat kelulusan ujian nasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Manado, Sulawesi Utara mencapai 100 persen dan mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Manado Elisabeth Mononotu di Manado, Sabtu, mengatakan, sempurnanya tingkat kelulusan tidak terlepas dari kesiapan siswa belajar di rumah, penambahan pelajaran serta dukungan guru maupun orang tua.

"Tahun 2011 ini kelulusan mencapai sekitar 100 persen dengan rata-rata nilai yang diperoleh meningkat dibandingansebelumnya," kata Mononutu tanpa merinci.

Elisabeth Mononutu mengatakan, terdapat sekitar 630 pelajar di sekolah itu mengikuti ujian untuk tahun ajaran 2010/2011 dengan hasil yang memuaskan.

"Tidak ada yang gagal dalam ujian ini, semuanya berhasil," kata Mononutu disela-sela pengumuman ujian di sekolah itu

Pengumuman kelulusuan hasil ujian itu, dilakukan sekolah sekitar pukul 16.00 wita, melalui orang tua atau wali murid.

Sebelum diumukan, para orang tua murid dikumpulkan untuk mendapatkan keterangan dari Kepala Sekolah terkait dengan pelaksanaan ujian nasional itu.

Kemudian para orang tua masuk ke kelas dan mendapatkan pengumuman kelulusan yang sudah diisi pada sebuah sampul amplop dari wali kelas masing-masing yang menyatakan pelajar itu lulus atau tidak.

Elisabeth Mononutu mengatakan, pengumuman hasil ujian dilaksanakan pada sore untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika diumumkan pagi, waktu yang tersisa cukup lama, sehingga dapat saja dimanfaatkan anak-anak untuk berjalan-jalan ke mall atau tempat lain dan merayakan keberhasilan itu dengan berlebihan.

Sekolah juga sudah menyiapkan sebuah kain putih berukuran panjang untuk dijadikan para siswa melampiaskan kegembiraan lulus dengan menulis unek-unek tentang sekolah atau tandatangan pelajar tersebut.

"Kain itu nantinya akan disimpan sebagai tandamata para siswa yang mengikuti ujian di sekolah itu," katanya.

Kepala Sekolah mengajak supaya orang tua dapat terus memperhatian para murid itu karena "perjalanan" akan ditempuh masih panjang.

"Keberhasilan hari ini belum berakhir,masih akan melewati jenjang pendidikan lainnya," kata Mononutu.

Pemantauan ANTARA para siswa setelah mendengar hasil ujian, berkumpul mengelilingi kain putih untuk menuliksan unek-unek atau tandatangan.

"Ini wujud kegembiraan kami karena lulus ujian," kata Irna salah seorang pelajar.(*)
(T.J009/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011