Bandung (ANTARA News) - Sebuah angkutan travel terbakar di Km 100 Tol Purbaleunyi, tepatnya antara Ciganea dan Sukatani Kabupaten Purwakarta, sehingga mengakibatkan kemacetan jalur A arah Jakarta ke Bandung sepanjang tiga kilometer.

"Sebuah angkutan travel terbakar di sana, tiga lajur jalu A dari Jakarta ke Bandung tersendat sekitar tiga kilometer." kata Petugas Sentral Komunikasi Tol Purbaleunyi di Bandung, Minggu.

Menurut Dadi, angkutan travel yang tengah melaju dari Jakarta ke Bandung itu mengalami kebakaran ekitar pukul 14.25 WIB.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian itu, namun jalur dari Jakarta ke Bandung tersendat karena tita jalur lintasan di sana digunakan untuk memadamkan kendaraan terbakar itu.

Sejumlah pengendara yang melintas membantu memadamkan api dengan alat pemadam api ukuran kecil di dalam mobil mereka.

"Pemadaman dibantu pengendara lain, sedangkan kami dari Jasa Marga mengerahkan sejumlah alat pemadam kebakaran ke lokasi kejadian, dibantu Tim Pemadam dari Kabupaten Purwakarta," kata Dadi.

Akibatnya, jalur Bandug-Jakarta menjadi tersendat, kendaraan hanya bisa melintas satu jalur dan harus bergiliran. Kebetulan saat kejadian lalu lintas dari Jakarta ke Bandung sedang ramai oleh liburan akhir pekan.

Sementara itu jalur B atau dari Bandung ke arah Jakarta lancar, tak terganggu oleh kejadian itu. Meski demikian sebagian pengendara yang tengah melaju dari arah Bandung berhenti untuk melihat kejadian itu.

Ketika ditanyakan penyebab kebakaran itu, Dadi mengatakan masih diselidiki Tim Jasa Marga dan Patroli Tol Purbaleunyi.

"Sedangan upaya evakuasi dan penanganan dilakukan secara maksimal, kami juga mengerahkan kendaraan rescue untuk antisipasi," kata Petugas Senkom Tol Purbaleunyi itu.(*)

S033/Y008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011