Los Angeles (ANTARA News) - "X-Men: First Class", satu lagi film pahlawan super yang hadir di layar bioskop musim panas tahun ini, dibuka dengan mengantungi 56 juta dolar AS pada akhir pekan lalu dan bercokol di puncak box office Amerika Utara.

Sebagai film kelima dari franchise "X-Men", "X-Men: First Class" hadir di sebanyak 6.900 layar di 3.641 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada. Hasil dari penjualan tiket sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan film pertama "X-Men" (54 juta dolar).

Film laga tersebut, yang dipasarkan sebagai prekuel bagi proyek aslinya, mengantungi hampir 21 juta dolar pada pembukaannya Jumat (3/6), sama dengan film pertama franchise itu, demikian laporan Xinhua, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Itu adalah "debut kuat bagi film kelima, yang mengukir nama dari saran mulut ke mulut" pada masa depan, kata pengulas industri film Paul Dergerabedian. Itu adalah lanjutan gemilang bagi film besar akhir pekan dan tanda yang membesarkan hati dalam upaya Hollywood untuk meraih hati penonton setelah serangkaian penampilan yang biasa-biasa saja.

Sementara film "The Hangover Part II" masih menawan, dan mengantungi 32,4 juta dolar AS pada akhir pekan lalu, dengan penghasilan 196,9 juta dolar AS dalam 10 hari. "Kung Fu Panda 2" melewati garis magis dengan meraih 24,3 juta dolar pada akhir pekan.

Dalam pekan ketiga penayangannya, "Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides" mendapati 18 juta dolar pada akhir pekan lalu, dengan total pemasukan 190,3 juta dolar di dalam negeri.

Tempat kelima pada akhir pekan lalu diisi oleh "Bridesmaids", yang meraup 12,1 juta dolar dan sebanyak 107,3 juta dolar selama empat pekan.

Film lain yang menempati posisi 10 teratas akhir pekan lalu adalah Thor (4,2 juta dolar), "Fast Five" (3,2 juta dolar), "Midnight In Paris" (2,9 juta dolar), "Jumping The Broom" (865.000 dolar) dan "Something Borrowed" (835.000 dolar AS). (C003/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011