Solo (ANTARA News) - Pemusatan latihan nasional cabang olahraga sepak bola untuk SEA Games XXVI/2011, dijadwalkan mulai awal Juli mendatang di Malang, Jawa Timur.

Ketua Pelaksana Pelatnas Prima, Tono Suratman usai membuka pelatnas ASEAN Paragames VI di Markas Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan, pelatnas harus secepat mungkin dilaksanakan karena waktunya sudah mepet.

Ia menjelaskan, minimal pelatnas cabang sepak bola dugelar 24 Juni dan paling lambat 1 Juli para pemain sudah harus mulai menjalani latihan di Malang.

Ketika ditanya soal pelatih yang bakal menangani tim SEA Games mendatang, dia mengatakan, dirinya berharap yang terbaik yang bakal menangani tim sepak bola nasional.

"Kita akan terima siapa saja yang akan menangani tim sepak bola SEA Games. Siapapun orangnya, dialah yang terbaik buat tim sepak bola Indonesia," katanya.

Ketika disebut nama Alfred Friedl dan Rahmad Darmawan, dia mengatakan, siapapun orangnya akan diterima.

Menurut dia, pelatih asal Austria, Alfred Riedl merupakan pelatih yang diikat kontrak oleh PSSI kepengurusan yang lama untuk jangka waktu yang panjang.

Kemudian Pelatih Persija Jakarta Pusat, Rahmad Darmawan merupakan pelatih yang bagus. "Kalau bisa ya` dua-duanya tetapi tentunya tidak semua menjadi pelatih kepala tetapi ada yang menjadi asisten pelatih," katanya.

Ketika ditanya soal Kongres PSSI, dia mengatakan, dirinya berharap Kongres bisa berjalan dengan baik dan lancar demi perkembangan sepak bola Indonesia.

"Kami berharap Kongres PSSI bisa berjalan dengan baik dan lancar demi perkembangan sepak bola Indonesia," katanya menegaskan.

Sementara itu Wali Kota Surakarta, Joko Widodo mengatakan, daerahnya siap menjadi tuan rumah penyelenggara kongres induk organisasi sepak bola di Tanah Air ini.

"Apapun yang diminta kami siap karena kami ingin sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi," kata Joko Widodo yang juga anggota Komite Normalisasi pimpinan Agum Gumelar tersebut. 
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011