Hanoi (ANTARA News) - Vietnam, Senin memilih pelatih dari Jerman Falko Goetz sebagai pelatih timnas mereka dengan harapan ia dapat membangun vitalitas tim yang selalu tidak dapat memenuhi tuntutan pendukung mereka yang amat antusias dengan kemajuan cabang olahraga itu.

Pelatih berusia 49 tahun itu, yang menandatangani kontrak dua tahun dalam temu pers Senin, diimbau membawa tim itu lolos dari babak penyisihan Olimpiade London 2012 serta Piala Dunia 2014.

Pelatih asing kedelapan tim Vietnam sejak 1995 itu, juga diminta mempersiapkan tim (di bawah usia 23 tahun) menghadapi pesta olahraga Asia Tenggara (SEA Games) November di Indonesia.

Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Vietnam Pham Ngoc Vien mengatakan, ia berharap Goetz akan mebawa "kekuatan vital baru" dalamm sepak bola Vietnam.

Ia tidak bersedia menyebutkan secara rinci bayaran pelatih itu tetapi media lokal melaporkan bahwa ia akan menerima 22.000 dolar per buan.

"Saya memulai pekerjaan saya hari ini," kata Goetz, yang dalam karirnya sebagai pemain termasuk di Bayer Leverkusen dan klub lain di Jerman serta di klub Turki, Galatasaray.

Ia melatih tim divisi satu Jerman Hertha Berlin selama tiga tahun hingga April 2007, ketika ia didepak karena timnya turun dari urutan atas ke urutan kesebilan dalam kompetisi Bundesliga.

Terakhir kali ia melatih tim divisi tiga Jerman, Holstein Kiel.

Mantan pelatih Vietnam Henrique Calisto dari Portugal, mundur Maret lalu dengan menyalahkan tekanan media setelah mereka gagal dalam Piala Suzuki AFF di kawasan Asia Tenggara tahun lalu.

Vietnam tersingkir dari babak semi final turnamen yang dimenangi Malaysia itu.

Calisto sebelumnya membawa Vietnam memenangi turnamen wilayah dengan memenangi Piala Suzuki pada 2008 setelah ia menangani tim nasional negara itu mulai 2002.

Ia sekarang melatih klub Thailand, Muang Thong United.
(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011