Baikonur, Kazakhstan (ANTARA News) - Pesawat ruang angkasa milik Rusia, Soyuz. lepas landas Selasa waktu setempat dengan membawa tiga orang astronot asal Rusia, Amerika Serikat dan Jepang, menuju Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Pesawat ruang angkasa yang membawa astronot Mike Fossum dari AS, Sergei Volkov dari Rusia dan Satoshi Furukawa dari Jepang, itu meluncur pada jam 20.12 GMT atau jam 3 dini hari tadi, dari pusat peluncuran Baikonur, Kazakhstan.

"Penerbangan itu normal," kata pusat pengendali kepada kru internasional.

Ketiga astronot itu akan bergabung dengan Alexander Samokutyaev dan Andrey Borisenko dari Rusia dan Ronald Garan dari AS di ISS.

Misi ini adalah yang pertama bagi Furukawa, sementara Fossum sudah berpartisipasi dalan dua misi, dan Volkov dalam satu misi.

Pesawat ruang angkasa itu dijadwalkan terhubung dengan ISS Kamis nanti waktu setempat jam 21.22 GMT atau Jumat WIB pukul 4 dini hari.

Peluncuran itu dilakukan sebulan sebelum misi terakhir pesawat ruang angkasa ulang alik AS, Atlantis, yang dijadwalkan meluncurkan pada 8 Juli.

Setelah itu program ruang angkasa AS akan secara ekslusif tergantung pada roket Soyuz untuk bepergian ke ISS hingga roket AS paling cepat dibangun pada 2015.  (*)

Nenny

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011