Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam Putra Samarinda menutup laga kandang mereka pada kompetisi ISL musim ini dengan melibas Persiwa Wamena 5-2 di Stadioan Segiri Samarinda, Sabtu.

Gol-gol kemenangan tim berjuluk "Pesut Mahakam" ini dicetak oleh Achmad Sembiring pada menit 12 dan 62, Julio Lopes menit 31 melalui penalti, Fandi Mochtar menit 36, dan Choi Dong Soo pada menit 44.

Gol balasan Persiwa dicetak oleh Pieter Romaropen pada menit keempat dan menit 70.

Ambisi tuan rumah untuk mengincar kemenangan pada pertandingan sore itu sempat dikejutkan oleh gol cepat pemain depan Persiwa Pieter Romaropen pada menit keempat.

Melalui serangan cepat peter lolos dari jebakan "off side" dan mengecoh penjaga gawang Wawan Hendrawan.

Tapi setelah gol tersebut anak asuh Hendri Susilo tidak langsung panik dan tetap menerapkan strategi menyerang.

Melalui kerja sama dengan Choi Dong Soo, Achmad Sembiring mampu membalas gol pada menit 12.

Kedudukan imbang ini menjadi motivasi pemain tuan rumah untuk semakin menekan tim Persiwa dan menciptakan gol lagi.

Petaka bagi tim Persiwa mulai terjadi dengan hadiah penalti ketika Ronald Fagundes dijatuhkan Supardi di kotak enam belas. Jelo sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan emas dan berhasil menciptakan gol kedua untuk tuan rumah.

Semangat pemain Persisam yang mendapatkan dukungan ribuan suporternya tidak berhenti begitu saja, karena pada menit 36 Fandi Mochtar kembali menjebol gawang Persiwa melalui tendangan keras di luar kotak penalti.

Giliran Choi Dong Soo memperbesar keunggulan tim tuan rumah pada babak pertama yang berkesudahan 4-1.

Pada babak kedua, sembiring menambah gol keduanya melalui tandungan memanfaatkan umpan Ronald Fagundes.

Namun demkian tim Persiwa bisa memperkecil skor melalui Peter Romaropen memanfaatkan bola pantulan yang gagal di tangkap penjaga gawang Wawan Hendrawan.

Asisten pelatih Persiwa Mahmudiana mengaku timnya memang kalah kelas, sehingga dia pun tidak kaget dengan hasil akhir.

"Level pemain Persisam sudah merupakan tim papan atas, kemarin mereka kalah dengan Persipura hanya karena kurang beruntung karena permainan sebenarnya berjalan imbang,namun saya tidak kecewa dengan hasil ini karena kami memang harus benyak belajar," kata Mahmudiana.

Meski demikian Mahmudiana masih salut dengan perjuangan para pemainnya yang rata-rata berusia mudaa bisa mengimbangi tim sekelas Persisam.

Sementara itu Hendri Susilo mengatakan bahwa pada pertandingan ini timya cukup beruntung karena bisa meraih hasil kemenangan.

"Kemenangan ini cukup berarti bagi kami, dan tentunya masyarakat Samarinda yang sudah setia mendukung Persisam, ini hasil kerja keras tim dan kami tujukan memuaskan pendukung persisam," tegas Hendri.

Susunan pemain

Persisam Putra: Wawan Hendrawan (pg),Muhammad Roby, Usep Munandar/Pavel Solomin 82`,Djayusman Triasdi,Syaful Lewanusa, Fandi Mochtar/Irsyad Aras 62`, Akbar Rasyid, Ahmad Sembiring/Fajar Legian Siswanto78`, Ronald Fagundez, Choi Dong Soo, Julio Lopez.

Persiwa Wamena: Zulham Syahputro/Galih Firmansyah 45` (pg), Supriadi,Sibhakoya Yuichi, Yesaya Desnam, Alex Yarangga, Richardo Merani, I Manuel Padwa/Ferinando Mote, Tomiyuki Sakai, Erick Weeks Lewis, Alan Aronggear/Ferdinando Pahabol, Pieter Romaropen.(*)
(T.KR-RMT/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011