Selama ini penumpang meningkat terjadi setiap akhir pekan karena mereka mengunjungi sanak keluarga di sejumlah kota di Pulau Sumatera.
Merak (ANTARA News) - Jumlah penumpang pejalan kaki maupun di atas kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten, yang akan menuju Pulau Sumatera sepanjang Sabtu (11/6) mencapai 23.382 orang.

"Selama dua hari terakhir penumpang Kapal Roll on Roll of (Ro-Ro) meningkat dan terjadi antrean panjang angkutan truk," kata Uta, seorang petugas pendataan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Minggu.

Uta mengatakan, dari 23.382 orang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki 3.344 orang dan penumpang di atas kendaraan tercatat 19.820 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 5.584 unit, yakni angkutan roda dua sebanyak 971 unit motor, kendaraan keluarga 1.749 armada, truk 2.613 armada dan 225 unit bus.

Mereka penumpang yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa menuju Pelabuhan Bakauheni untuk mengisi liburan akhir pekan.

"Selama ini penumpang meningkat terjadi setiap akhir pekan karena mereka mengunjungi sanak keluarga di sejumlah kota di Pulau Sumatera," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Karena itu, kata dia, PT ASDP mengoperasikan Kapal Ro-Ro sebanyak 22 armada dan mengoptimalkan lima dermaga yang ada di Pelabuhan Merak.

"Saya kira saat ini penumpang pejalan kaki maupun di atas kendaraan berjalan normal," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang pejalan kaki mengaku dirinya saat tiba di Pelabuhan Merak langsung naik ke atas Kapal Ro-Ro yang bersandar di dermaga.

"Selama ini penyeberangan kapal tidak begitu lama dan hanya 15 menit saya bisa langsung menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni," kata Edi, seorang penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011