Kuala Lumpur (ANTARA News) - Penjabat Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Zhang Jilong dari China mengimbau agar anggotanya memandang ke depan untuk kemajuan sepak bola kawasan itu, ketika ia mulai memasuki kantornya, setelah ketua lama dihukum karena dugaan memberikan sogokan.

Zhang meminta kepada semua stafnya agar bekerja sama ketika ia memulai pekerjaannya di markas AFC di Kuala Lumpur, kurang dari dua minggu setelah FIFA menghukum Mohamed bin Hammam atas dugaan mencoba membeli suara dalam pemilihan ketua FIFA.

"Kita semua bersatu dan fokus untuk memajukan sepak bola Asia. Kita harus bekerja sama menghadapi tantangan dan memastikan sepak bola Asia terus bergerak maju," kata Zhang dalam pesannya yang dimuat dalam laman resmi AFC.

Mantan ketua Asosiasi Sepak Bila China, Zhang (59), termasuk dalam komite organisasi pada dua kejuaraan Piala Dunia FIFA. Ia juga merupakan direktur sport dalam Olimpiade Beijing pada 2008.

Penunjukan wakil ketua AFC itu sebagai penjabat ketua, sudah terjadi secara otomatis setelah tokoh dari Qatar bin Hammam dihukum pada 30 Mei lalu.

Bin Hammam dengan keras menampik melakukan penyuapan kepada delegasi tertentu pada pemilihan ketua FIFA, tetapi akhirnya ia mengundurkan diri sehingga ketua lama Sepp Blatter maju terus tanpa saingan.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011