Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk terus menjaga kelestarian budaya khususnya budaya Jawa
Bekasi, Jabar (ANTARA) - Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Tri Adhianto Tjahyono dianugerahi gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat pada Minggu di Ndalem Kayonan Keraton Surakarta, Jawa Tengah.

"Maturnuwun sanget (terima kasih banyak). Saya merasa terhormat diberikan gelar dari Keraton Surakarta," kata Tri usai menerima gelar di Bekasi, Minggu petang.

Gelar tersebut diberikan oleh Pengageng Dewan Lembaga Adat Keraton Surakarta yakni Gusti Raden Ajeng Koes Moertiyah dengan penyematan nama Kanjeng Raden Tumenggung Dr. Tri Adhianto Tjahyono Notonegoro.

Baca juga: Keraton Yogyakarta gelar ritual jamasan kereta pusaka

Tri mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa dirinya akan mendapat gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat tersebut.

Menurut dia kepercayaan yang telah diberikan Keraton Surakarta Hadiningrat kepada dirinya menjadi amanah untuk terus melestarikan adat dan budaya.

"Ini tanggung jawab dan amanah bagi saya untuk terus menjaga kelestarian budaya khususnya budaya Jawa," kata pria kelahiran Solo itu.

Baca juga: Gubernur Sulut Dapat Gelar Kanjeng Pangeran

Pemberian gelar itu bukan tanpa alasan sebab Kanjeng Raden Tumenggung merupakan gelar kehormatan untuk tokoh maupun pemimpin yang diyakini oleh keraton mampu berkarya serta melestarikan budaya hingga menjaga keberagaman.

Pada kesempatan itu Tri terlihat memakai pakaian beskap lengkap dengan blangkon dan keris. Prosesi pemberian anugerah gelar berlangsung secara khidmat dan sakral.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022