Banjarmasin (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar acara syukuran dan tasmiyah atau pemberian nama anak secara massal di Hotel Roditha Banjarmasin, Kamis.
 
Ketua Baznas Kota Banjarmasin H Riduan Masykur saat acara tersebut, menyampaikan ada sebanyak 50 anak yang diberikan nama secara bersamaan pada hari ini.
 
Menurut dia, sebanyak 50 anak ini dari kelahiran yang dibantu Baznas Kota Banjarmasin pada program pendampingan dan pelayanan ibu hamil sehat sejak Agustus hingga Desember 2022.
 
Para ibu yang melahirkan anak saat hamil, ungkap dia, dibantu pemenuhan gizi berupa asupan makan-makanan, termasuk juga bimbingan kesehatan dan rohaninya.

Baca juga: Baznas Banjarmasin jalankan program pendampingan ibu hamil

Baca juga: Terdampak berat COVID-19, tuna netra di Banjarmasin dibantu Baznas
 
"Ini diberikan secara kontinyu hingga melahirkan," ucapnya.
 
Bahkan, lanjut Riduan, Baznas memberikan bantuan dana bagi persalinan ibu hamil dari keluarga berhak untuk menerima bantuan dari zakat, infaq dan shodaqoh ini di 5 kecamatan di kota ini.
 
"Setelah anak lahir, Baznas pun menggelar acara syukuran dan tasmiyah bersama ini, bahkan tidak sampai di sini, terus kita pantau kesehatan para anak itu," ujarnya.
 
Semoga, ucap Riduan, pada tahun akan datang lebih banyak lagi ibu hamil yang bisa dibantu. Karena ini program untuk membantu pemerintah mengatasi kasus stunting.
 
Ketua Baznas Provinsi Kalsel H Ilhamsyah Safari menyampaikan apresiasi bagi pelaksanaan kegiatan Baznas Kota Banjarmasin ini.
 
Menurut dia, sangat terlihat pancaran kebahagiaan dari ibu-ibu penerimaan manfaat dari zakat, infaq dan shodaqoh di acara ini, karena sudah melahirkan anak yang sehat.
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang diwakili Plt. Staf Ahli Pemkot Banjarmasin H Husin Lutfhi menyampaikan  terimakasih dan apresiasi tinggi bagi Baznas yang sudah sangat besar peranannya membantu kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan melahirkan.
 
Selain itu, kata dia, Baznas juga berperan besar dengan programnya ini untuk membantu mengatasi kasus stunting atau kasus anak gagal tumbuh.
 
Wali Kota Banjarmasin, ucap Husin, sudah menginstruksikan kepada seluruh aparatur sipil negara untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas.
 
"Pemkot Banjarmasin sangat mendukung semua program yang dilaksanakan Baznas," ujarnya.*

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022