Ini dilakukan untuk menarik lebih banyak partisipasi masyarakat dan sebagai salah satu upaya memasyarakatkan kembali koperasi di Indonesia.
Jakarta (ANTARA News) - Dewan Koperasi Indonesia memulai rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Koperasi Nasional ke-64 yang puncaknya akan dilangsungkan pada 12 Juli 2011 di Istora Senayan Jakarta.

"Kami telah memulai sejumlah rangkaian acara untuk menyambut Hari Koperasi Nasional ke-64," kata Ketua Panitia Nasional Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-64, Nachrowi Ramli, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya telah merancang dan menggelar sebagian acara-acara rangkaian Harkopnas tersebut sejak April 2011.

Beberapa acara yang telah digelar meliputi bhakti sosial donor darah, pengobatan gratis, dan seminar yang terkait dengan perkembangan koperasi di Tanah Air.

"Ini dilakukan untuk menarik lebih banyak partisipasi masyarakat dan sebagai salah satu upaya memasyarakatkan kembali koperasi di Indonesia," kata Nachrowi.

Pihaknya juga menjadwalkan beberapa seminar di antaranya seminar internasional ACO Meeting yang rencananya diselenggarakan di Makassar.

Selain itu beberapa kegiatan lain meliputi Jambore Pemuda di Bumi Perkemahan Ragunan pada 11-15 Juli 2011, Pesta Rakyat pada 15 Juli 2011 di Arena Expo 2011 PRJ Kemayoran Jakarta, renungan suci di Tugu Koperasi Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 15 Juli 2011, dan ziarah di makam Bung Hatta di Tanah Kusir pada 6 Juli 2011.

"Kami juga menyelenggarakan beberapa lomba terkait isu perkoperasian seperti karya tulis, disain logo, turnamen golf, kontes burung berkicau, dan memancing," katanya.

Nachrowi berharap moment hari koperasi tahun ini menjadi penanda semakin besarnya kontribusi koperasi terhadap perekonomian nasional.

(T.H016) (ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011