Bethesda, Maryland (ANTARA News) - Pegolf dari Inggris, Rory McIlroy, memupus kekecewaan dalam turnamen Masters April lalu, ketika memimpin tiga pukulan pada putaran pertama turnamen golf AS Terbuka di Congressional Country Club, Kamis waktu setempat.

Pemain berbakat asal Irlandia Utara itu membuat pukulan enam di bawah-par 65 dalam di lapangan yang berangin, hujan, kemudian disinari matahari, pada laga turnamen besar tahun ini.

Dengan permainan mengesankan dan pukulan keras terarah, McIlroy mengakhiri pertandingan putaran pertama itu dengan memimpin pemain dari Korea Selatan Yang Yong-eun dan juara Masters Charl Schwartzel dari Afrika Selatan.

"Saya bermain amat bagus di luar sana," kata McIlroy (22) dalam wawancara di tepi lapangan, "Saya tidak membuat kesalahan. Saya memukul bola dengan bagus dan bola mengarah dengan tepat."

"Saya merasa puas dengan permainan saya kali ini dan saya pun suka dengan lapangan golf di sini," katanya.

"Saya harus bekerja keras lagi besok untuk membuat posisi saya di tempat terbaik pada akhir minggu ini," kata pegolf Inggris itu.

Juara Inggris Terbuka Louis Oosthuizen dari Afrika Selatan, pemain dari Spanyol Sergio Garcia, pemain dari Amerika Ryan Palmer, Alexandre Rocha dari Brazil, pegolf Korea Selatan Kim Kyung-tae dan atlet dari Australia Scott Hend, membuat catatan 69.

Penyandang gelar Graeme McDowell dari Inggris dan mantan juara turnamen besar (major) Stewart Cink serta Davis Love III berada di antara sembilan pemain yang masing-masing membuat angka 70.

Tiga pemain kelas berat, Luke Donald, Lee Westwood dan Martin Kaymer -- tiga pegolf top dunia -- gagal bersinar pada laga putaran pertama itu.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011