Jakarta (ANTARA News) - LSM Gerakan Aman Adil Sejahtera Untuk Indonesia (GARANSI) menggandeng dan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) di seluruh Indonesia. Kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"GARANSI bahkan telah menandatangani MoU dengan kedua dinas tersebut. Dengan Dinas Koperasi dan UKM sudah disepakati kerjasama sejak dua bulan lalu dan dengan Dinas KKP sudah disepakati prinsip-prinsip kerjasama secara lisan, tinggal rumusannya saja," ungkap Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu," kata Ketua DPP GARANSI Radityo Gambiro, Jakarta, Minggu.

Menurutnya, LSM yang mendukung SBY pada Pilpres lalu ingin mengamankan program, menyukseskan program pemerintah yang berkeinginan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Target utama kerjasama itu adalah untuk kesejahteraan, melepaskan kemiskinan serta  mengurangi pengangguran," ujar Gambiro.

Disebutkan, GARANSI akan melakukan evaluasi secara rutin terhadap kerjasama itu. Paling tidak, ungkapnya, tiga bulan sekali bisa dievaluasi.

"Pertama kita lakukan evaluasi di tingkat internal GARANSI, evaluasi terhadap bantuan yang diberikan kepada masyarakat, penyuluhan, apakah program pemerintah apakah sudah sinkron atau belum," ujar politisi Partai Demokrat itu.

Evaluasi terhadap bantuan yang dikucurkan, misalnya subsidi pupuk, pengembangan perikanan dan semua unsur yang terkait kerjasama tersebut.

Sementara itu, Sekjen DPP GARANSI Didik Mukrianto menyebutkan, apa yang dilakukan oleh LSM GARANSI semata-mata menjadi penghubung antara pemerintah dan rakyat.

"Prinsipnya, dari kita untuk kita dan oleh kita. GARANSI hanya memberikan edukasi, ilmu. GARANSI hanya jadi jembatan dan fasilitator antara masyarakat dan pemerintah, sinergi membangun komunitas itu," ungkapnya.

Salah satu program yang akan dikembangkan oleh GARANSI adalah membentuk Kampung GARANSI. Kampung itu nanti, kata Didik, menjadi pusat perekonomian di suatu desa dan masyarakat bisa mengelola kehidupan mereka sendiri dengan bantuan yang diberikan.

"Jadi desa itu sendiri yang bisa mengelola roda perekonomiannya. Kampung GARANSI itu lah nantinya akan memenuhi kebutuhannya, baik di bidang pertanian, perikanan dan memasarkan sendiri hasil produksi mereka," sebutnya.

Sehari sebelumnya, GARANSI meresmikan Induk Koperasi GARANSI di Kabupaten Soreang Bandung. Peresmian Induk Koperasi itu merupakan puncak acara HUT ke-7 GARANSI.

Pada kesempatan itu, Gambiro bersama Sekjen GARANSI, 25 Ketua DPW GARANSI seluruh Indonesia melakukan panen ikan perdana di desa Banjar, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011