Barru (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos), Dr H Salim Segaf Al-Jufri, mengatakan bahwa pemerintah harus mendorong pembangunan yang berkeadilan untuk menanggulangi masalah sosial.

"Dalam mengatasi berbagai persoalan sosial, pemerintah harus mendorong pembangunan yang berkeadilan dengan berpihak pada orang miskin," katanya saat berkunjung ke Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatanl, Minggu.

Dia mengatakan, selain pembangunan harus pro pada orang miskin, juga pemerintah pusat dan daerah harus membukan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, ia mengemukakan, menjaga lingkungan merupakan bagian dari upaya mendorong pembangunan yang berkeadilan.

"Kalau lingkungan tidak dijaga dengan baik, maka akan rusak dan hancur. Dampaknya itu akan dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, persoalan sosial yang menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah dewasa ini adalah persoalan anak terlantar, termasuk anak jalanan.

Berdasarkan data Kementerian Sosial, menurut dia, diketahui kini jumlah anak terlantar mencapai 5,4 juta orang dan lanjut usia 1,7 juta orang, sedangkan yang berada dibawah garis kemiskinan sekitar 31,2 juta orang atau sekitar 13,33 persen dari populasi pendudukan Indonesia.

Pada kunjungannya itu, Mensos memberikan bantuan senilai Rp65 juta untuk pakaian dan makanan bagi para santri.

Hal yang sama dilakukannya saat berkunjung ke pada Pondok Pesantren Darul Istiqamah di Kabupaten Maros pada Sabtu (18/6).
(T. S036/S019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011