Rio de Janeiro (ANTARA News) - Juara bertahan Brazil akan memanfaatkan turnamen Copa America bulan depan sebagai persiapan menyambut Piala Dunia 2014 saat mereka menjadi tuan rumah, kata pelatih Mano Menezes, Senin.

Turnamen Copa itu sekaligus sebagai pemanasan untuk mendapatkan gelar keenam dunia, tetapi mereka pun menjadikannya prioritas untuk menghadapi saingan berat mereka Argentina, yang akan menjadi tuan rumah Copa mulai 1 Juli.

"Kami akan memanfaatkan semua kesempatan kami dalam Copa sebagai persiapan menyambut Piala Dunia," kata Menezes kepada wartawan di Rio ketika timnya sedang bersiap berangkat ke Argentina Selasa, menyambut laga pertama mereka dengan Venezuela pada 3 Juli.

Pertandingan persahabatan tim itu belum menunjukkan keutuhan, kendati mereka menang 1-0 pada laga terakhir atas Romania dimana Ronaldo mengucapkan selamat tinggal kepada para pendukungnya dan kemudian tim itu bermain imbang tanpa gol lawan finalis Piala Dunia 2010, Belanda.

Tetapi Menezes, yang menggantikan Dunga setelah Brazil kalah atas Belanda di perempat final Piala Dunia, menyatakan ia sedang membangun tim kuat.

"Kami memiliki basis kuat dan sudah terwujud dalam beberapa pertandingan dan ini akan menjadi tulang punggulan melawan Venezuela," katanya. Tim itu juga akan bertemu dengan Paraguay dan Ekuador.

"Secara teori, Paraguay merupakan tim terkuat dari tiga lainnya (dalam grup Brazil) tetapi tidak menyepelekan tim lainnya," kata

Menezes.

"Kami dapat mengatakan, Argentina adalah tim favorit karena mereka bermain di kandang sendiri, sama dengan ketika nanti Brazil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014," kata Menezes.

Sebelumnya, pemain bertahan dari AC Milan, Thiago Silva, membuat Argentina dan Brazil merupakan dua tim yang difavoritkan akan mengangkat piala Copa.

"Antara Brazil dan Argentina 50/50 - Argentina menjadi favorit karena sebagai tuan rumah dan kami juga menganggap mereka harus dikalahkan, setelah kami menang dalam dua turnamen sebelumnya," katanya.

Tapi ia juga meramalkan semi finalis Piala Dunia Uruguay akan menjadi ancaman dalam turnamen itu.

Bintang Santos, Elano, Neymar dan Paulo Henrique Ganso, akan bergabung dengan tim itu setelah sebelumnya mereka bermain di final Piala Copa Libertadores saat melawan Penarol dari Uruguay, Rabu.
(A008/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011