Irak akan maju ke babak undian 12 tim berikutnya pada 7 Juli untuk mengikuti babak kualifikasi ketiga.
Teheran (ANTARA News/Reuters) - Harapan Iran untuk bermain di cabang sepak bola pada Olimpiade London 2012 kandas setelah negara tetangga mereka, Irak, mengalahkan mereka 2-0 pada laga kedua putaran kedua penyisihan Olimpiade, Kamis malam waktu setempat.

Dua gol yang diciptakan Amjad Radhi, masing-masing pada babak pertama dan kedua, membuat semifinalis Olimpiade Athena 2004 itu maju ke putaran penyisihan ketiga.

Arash Afshin dan Hamidreza Aliasgari memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan untuk Iran, tetapi keduanya membuat bola melebar dari mulut gawang.

Perkelahiaan terjadi antara kedua pemain pada pertandingan di Stadion Teheran dan pendukung Iran berteriak meminta ketua federasi sepak bola negara itu Ali Kafashian agar mengundurkan diri, demikian dilaporkan kantor berita Irna.

Iran, yang terakhir maju ke Olimpiade 1980, mengalahkan Irak 1-0 pada pertandingan leg pertama Minggu di Arbil.

"Kami amat menyesal dengan kegagalan ini dan kami menyesal karena tidak berhasil maju ke Olimpiade," kata pelatih Iran, Alireza Mansourian.

Irak akan maju ke babak undian 12 tim berikutnya pada 7 Juli untuk mengikuti babak kualifikasi ketiga.

Pada awal bulan ini, Iran mengatakan mereka berencana mengadu kepada badan olah raga sepak bola dunia FIFA, karena tim puteri mereka dilarang mengikuti babak penyisihan Olimpiade karena mengenakan pakaian penutup kepala.

Ofisial pertandingan melarang mereka bertanding hanya beberapa saat sebelum waktu laga dimulai di Amman dan menghadiahkan kemenangan 3-0 kepada lawan mereka, Jordan. FIFA akhirnya menyatakan, mereka memperingati Iran tentang adanya aturan penggunaan kostum itu.
(A008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011