New York (ANTARA News) - Pasar saham Amerika Serikat melonjak pada Selasa waktu setempat, dengan semua tiga indeks utama melompat lebih dari satu persen di tengah optimisme bahwa Eropa akan mencapai kesepakatan untuk menghindari "default" (gagal bayar) yang menggoyahkan oleh Yunani.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 145,13 poin (1,21 persen) menjadi ditutup di 12.188,69.

Indeks S&P 500 yang lebih luas melompat 16,57 poin (1,29 persen) menjadi 1.296,67, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq naik 41,03 poin (1,53 persen) menjadi 2.729,31.

Investor menyambut laporan bahwa kemajuan sedang dibuat dalam pembicaraan untuk mencegah default Yunani, sebagian melalui perpanjangan sebagian besar utang Yunani ke Obligasi 30-tahun lapor AFP.

Pelaku pasar berharap bahwa pemerintah Yunani akan berhasil mendorong langkah-langkah penghematan yang tidak populer, meskipun pemogokan umum yang diserukan oleh serikat-serikat pekerja menyebabkan bentrokan jalanan di Athena.

Kenaikan ini didorong oleh "optimisme bahwa Yunani akan datang dengan rencana penghematan yang mereka loloskan," kata Scott Marcouiller, kepala strategi teknikal pasar Wells Fargo Advisors.

Saham energi melompat bersamaan dengan rebound harga minyak, dengan ExxonMobil naik 2,1 persen dan Chevron meningkat 1,4 persen setelah dua acuan minyak utama di dunia - minyak mentah West Texas Intermediate di New York dan minyak mentah Brent North Sea di London - keduanya naik lebih dari dua dolar per barel.

Harga obligasi turun karena investor meninggalkan investasi aman di utang pemerintah AS beralih ke aset berisiko seperti saham.

Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS berjangka 10-tahun naik menjadi 3,05 persen dari 2,93 persen pada Senin, sementara pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,33 persen dari 4,28 persen.

Harga dan imbal hasil obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011