London (ANTARA News) - Menteri Keuangan Inggris George Osborne menyambut penunjukan mitranya dari Prancis Christine Lagarde sebagai ketua Dana Moneter Internasional pada Selasa, dan mengatakan itu "kabar baik bagi perekonomian global".

Inggris merupakan pendukung awal pencalonan Lagarde untuk menggantikanDominique Strauss-Kahn, juga dari Prancis, yang mengundurkan diri Mei setelah ditahan di New York untuk dugaan pelecehan seksual terhadap pelayan hotel, lapor AFP.

"Penunjukan Christine Lagarde sebagai direktur pelaksana IMF berita yang baik untuk ekonomi global dan untuk Inggris," kata Osborne dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Keuangan.

"Dia adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu, yang mengapa Inggris adalah salah satu negara pertama yang mengusulkannya dan saya senang dia memperoleh dukungan dari orang lain."

Osborne memuji pendekatan Lagarde terhadap negara-negara dengan defisit anggaran tinggi seperti Inggris.

"Selama tahun lalu saya telah bekerja erat dengan Christine: dia menunjukkan kepemimpinan internasional nyata sebagai ketua menteri keuangan G20," katanya.

"Dia telah menunjukkan dia memiliki pengalaman, visi dan keterampilan diplomatik yang diperlukan untuk memastikan IMF dapat mengatasi tantangan yang dihadapinya."

"Dia juga menjadi pendukung kuat bagi negara-negara yang mengatasi defisit anggaran tinggi dan hidup sesuai kemampuan mereka. Saya berharap untuk terus bekerja dengan dia dalam peran barunya."

Osborne juga memberi penghormatan kepada saingan Lagarde dari Meksiko Agustin Carstens untuk perannya. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011