Washington (ANTARA News/AFP) - Christine Lagarde dari Prancis pada Selasa ditunjuk menjadi ketua Dana Moneter Internasional wanita pertama, langsung menghadapi krisis karena kekerasan protes anti penghematan Yunani mengguncang stabilitas zona euro.

Menteri keuangan Prancis , dihormati secara luas untuk kepemimpinannya selama krisis keuangan Eropa selama tiga tahun terakhir, terpilih untuk menggantikan sesama Prancis Dominique Strauss-Kahn, yang mengundurkan diri tiba-tiba pada 18 Mei setelah ditangkap di New York untuk dugaan pelecehan seksual terhadap pelayan hotel.

"Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional saat ini memilih Christine Lagarde untuk mengabdi sebagai Direktur Pelaksana IMF dan ibu ketua dewan eksekutif untuk jangka waktu lima tahun mulai 5 Juli 2011," kata Dana dalam sebuah pernyataan.

Lagarde, katanya, "adalah wanita pertama yang ditunjuk untuk pos tertinggi IMF sejak lembaga didirikan awal 1944.

Ke 24 anggota dewan menyebut keduanya, Lagarde dan saingannya untuk posisi itu, Gubernur Bank Sentrak Meksiko Agustin Carstens, "kandidat berkualitas baik" dan memutuskan memilih Lagarde dengan konsensus. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011