Los Angeles (ANTARA News) - Situs silsilah Ancestry.com Selasa (28/6) mengatakan istri Pangeran William, Kate Middleton, merupakan kerabat jauh dari novelis Inggris Jane Austen.

Seperti diberitakan Reuters, Ancestry.com mengatakan bahwa Duchess of Cambridge dan pengarang "Pride and Prejudice" adalah cucu kesebelas, enam kali keturunan berbeda karena leluhur bersama abad ke-15 Henry Percy, yang merupakan Earl of Northumberland kedua.

Kelompok riset sejarah keluarga itu mengatakan koneksi mereka sesuai dengan karakter perempuan dalam novel Austen yang jatuh cinta, atau berhasrat menikahi pria dari kelas sosial lebih tinggi.

Middleton (29), seorang rakyat biasa tanpa latar belakang bangsawan. Dia menikahi urutan kedua pewaris tahta kerajaan Inggris April tahun ini setelah berpacaran selama sembilan tahun. Sekarang dia secara resmi dikenal sebagai Catherine, Duchess of Cambridge.

"Menemukan koneksi antara Duchess of Cambridge dan Jane Austen ini sangat menarik karena dalam banyak cara, Catherine merupakan pahlawan Jane Austen modern: gadis kelas menengah menikahi calon Raja Inggris," kata Anastasia Harman, pemimpin sejarawan keluarga untuk Ancestry.com.

"Jane Austen mungkin sudah menulis mengenai bahagia selamanya tetapi tampaknya Catherine sudah menemukan pahlawan nonfiksi untuk menghabiskan hidup bersamanya jauh melewati epilog," tambah Harman.

Austen lahir di Inggris tahun 1775. Dia merupakan salah satu novelis terkenal dan penulis satir dunia dengan karya-karya seperti "Sense and Sensebility", "Emma" dan "Persuasion." Austen sendiri tidak pernah menikah.
(ENY)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011