layanan busway malam hari itu terus diperluas mengingat banyak warga Jakarta yang harus bekerja hingga malam hari
Jakarta (ANTARA News) - Setelah penambahan jam layanan busway Transjakarta hingga pukul 23.00 WIB di koridor I, koridor II, koridor III dan koridor IX, maka empat koridor sisanya juga akan menambah jam layanannya.

"Setelah Mei kemarin dilakukan pada koridor II dan koridor III, kini giliran koridor IV, koridor V, koridor VI dan koridor VII melayani penumpang hingga pukul 23.00," kata Kepala BLU Transjakarta, Muhamad Akbar, di Jakarta, Jumat.

Akbar menyebut layanan busway malam hari itu terus diperluas mengingat banyak warga Jakarta yang harus bekerja hingga malam hari.

Rencananya, penambahan jam operasional akan mulai dilaksanakan pada hari Jumat.

Koridor IV (Pulo Gadung-Dukuh Atas), BLU Transjakarta akan mengoperasikan delapan bus, koridor V (Ancol-Kampung Melayu) dilayani enam bus, koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) dengan tujuh bus, dan koridor VII (Kp. Rambutan-Kampung Melayu) oleh sembilan bus.

"Untuk koridor IV, guna menunjang kelancaran operasional, khusus di pasar Pulogadung didukung oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan," kata Akbar.

Namun tidak semua halte akan dilayani oleh Transjakarta malam itu. Pada koridor IV, busway malam hanya akan melayani sembilan dari 17 halte, koridor V melayani 11 dari 16 halte yang ada dan koridor VI melayani 10 dari 19 halte.

Untuk koridor VII (Kampung Melayu-Kampung Rambutan, halte yang dilayani busway malam sebanyak tujuh halte dari 14 halte.

Rutenya dari Kampung Melayu, bus Transjakarta menuju ke halte PGC 2, kemudian putar balik masuk jalur tol dan keluar di halte Pasar Induk menuju ke halte Kampung Rambutan kemudian dari Halte Kampung Rambutan menuju Halte Kampung Melayu juga melalui rute tol dan keluar di halte Cawang UKI.

"Sama seperti Koridor yang telah menjalankan amari (angkutan malam hari), jam pelayanan penjualan tiket di keempat koridor berakhir pukul 23.00. WIB Pada halte-halte yang tidak melayani bus malam hari, jam operasional tetap sampai dengan pukul 22.00 WIB," papar Akbar.

Penumpang yang akan melakukan transfer ke Koridor I, II , III dan IX maupun koridor IV, V, VI dan VII disebutnya dapat membaca informasi jadwal transfer bus terakhir di setiap loket pada halte-halte yang melayani pelayanan bus malam hari.
(ANT.A043)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011