Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, mengatakan bahwa Pekan Produk Kreatif Indonesia tahun 2011 akan kembali digelar mulai 6-10 Juli 2011 di Balai Sidang Senayan, Jakarta.

"Pekan Produk Kreatif (PPKI) direncanakan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ada 14 bidang produk ekonomi yang akan diselenggarakan saat PPKI serta mengandalkan tiga kegiatan utama yaitu, Pameran, Konvensi dan Gelar Seni Budaya," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono kepada pers di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, 14 bidang produk ekonomi itu meliputi periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fesyen desain, video, film dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, serta riset dan pengembangan.

"Industri kreatif telah memberikan sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp151 triliun atau 7,28 persen dari total PDB Indonesia tahun 2008," kata dia.

Menurut dia, nilai ekspor dari 14 subsektor industri kreatif adalah sebesar Rp104,71 triliun atau menyumbang 7,5 persen dari total ekspor Indonesia di tahun 2009.

Pada PPKI 2011 ini, kata dia, bukan hanya terdapat pameran, namun ada Konvensi dan Gelar Seni Budaya. Konvensi terdiri dari Seminar, Dialog Bisnis, Anjungan Pembiayaan dan Anjungan Pendidikan. Namun, untuk Gelar Seni Budaya terdapat Pemberian Anugerah Kebudayaan, Pertunjukan Seni Budaya, dan Atraksi Pengobatan Tradisional.

"Industri kreatif juga mampu menyerap tenaga kerja rata-rata tahun 2002-2008 sebesar 7,4 juta atau sekitar 7,7 persen total tenaga kerja Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Muhamad Sulaiman Hidayat mengatakan bahwa ini adalah salah satu wadah yang baik bagi anak muda yang kreatif.

"Mengenai Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki anak muda, kami bekerja sama dengan Kemenkum-HAM, untuk melindungi secara penuh kreatifitas dan produk yang dihasilkan oleh mereka," katanya.

Dikatakan dia, kurang lebih anggaran acara PPKI sebesar Rp9 miliar dari beberapa kementerian yang ada di Indonesia.

Dia menambahkan, kegiatan PPKI 2011 merupakan kerja sama antar 12 kementerian atau lembaga di bawah koordinasi Kemenko Kesra, yaitu Kemendagri, Kemenlu, Kemenperin, Kemendag, Kemenbudpar, Kemendiknas, Kemenkum-Ham, Kemenkominfo, Kemen KUKM, Kemen BUMN, Kemen Ristek, Kadin, Dekranas dan Pemprov DKI Jakarta.

PPKI 2011 merupakan pelaksanaan ke-5 sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2007 sekaligus merupakan tindak lanjut pencanangan Inpres No. 6 tahun 2009 tentang Pengembangan Kreatif.(*)
(ANT-273/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011