Zainuddin MZ Sosok Penyejuk Bangsa

Zainuddin MZ Sosok Penyejuk Bangsa

Zainuddin MZ. (ANTARA/ Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah kalangan, baik politisi maupun profesional menyebut KH Dr Zainuddin MZ sebagai sosok penyejuk bangsa yang tak pernah lelah memberi kontribusi bagi penguatan kerukunan antarumat.

Demikian kesimpulan pendapat yang dihimpun ANTARA News dari dua politisi dan dua profesional di Jakarta, Selasa, sehubungan wafatnya KH Dr Zainuddin MZ setelah dirawat intensif di RS Pertamina.

Ke-4 warga yang dihubungi terpisah untuk memberikan komentarnya itu masing-masing Fayakhun Andriadi (Anggota Fraksi Partai Golkar di DPR RI), Angelina Sondakh (Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR RI), Edward Waleleng (profesional pajak), dan Stevan Obaja Voges (profesional foto).

"Almarhum telah menunjukkan baktinya yang positif dalam membangun semangat kebersamaan di antara umat beraneka latar belakang di Indonesia," kata Fayakhun Andriadi, anggota Komisi I DPR RI.

Sementara itu, Angelina Sondakh yang bertugas di Komisi X DPR RI menilai, almarhum KH Zainuddin MZ seorang pendidik masyarakat yang berwibawa dan nasionalis.

Di tempat terpisah dua profesional berbeda latar Edward Waleleng dan Stevan Vogez berpendapat, KH Zainuddin MZ sebetulnya merupakan salah satu sosok ulama penting yang piawai dalam membangun spirit kejuangan bangsa.

"Dia tak hanya milik Muslim, tetapi seluruh rakyat, karena almarhum mampu memberikan mutiara-mutiara kata orisinil khas Indonesia, yang langsung bisa dicerna dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat kita yang majemuk," kata Edward Waleleng.

Hal senada juga dinyatakan Stevan Vogez dengan mengucapkan selamat jalan ulama besar masa kini menuju tempat peristirahatan abadi.

(M036)
(T.M036/B/R007/R007) 05-07-2011 12:19:21

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar