Dalam mengembangkan Koperasi, salah satu hal yang harus dilakukan adalah, kesadaran dalam pendidikan Koperasi itu sangat penting sekali.
Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News)- Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), Dra Hj Jamilah Yakob mengatakan, Koperasi pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kalteng hendaknya menjadi panutan bagi Koperasi lainnya.

"Keberadaan Koperasi PNS di lingkungan SKPD di Kalteng sudah seharusnya menjadi panutan Koperasi lainnya. Sehingga hal itu bisa memberikan dorongan dan motivasi bagi perkoperasian di Kalteng," kata Hj Jamilah Yakub, pada Pembukaan Lomba Cerdas Cermat Trampil Koperasi antar SLTA se Kalteng, di Aula LPP-RRI Palangka Raya, Kamis.

Menurutnya, dari 331 Koperasi PNS se Kalteng itu, ada 88 unit Koperasi PNS yang tidak aktif lagi, hal itu disebabkan karena alasan otonomi daerah. Sehingga terjadi penggabungan dan pemisahan kewenangan.

"Selama ini Koperasi PNS yang berkembang cukup bagi adalah, Koperasi para guru. Mudah-mudahan ini terus berkembang dan menjadi contoh yang baik bagi Koperasi PNS," ujarnya.

Diutarakannya, berkaitan dengan Koperasi, aspek sumber daya manusia (SDM) sangatlah diperlukan. Berdasarkan kenyataan yang ada aspek pengelolaan Koperasi masih lemah dan kultur masyarakat masih beragam.

"Dalam mengembangkan Koperasi, salah satu hal yang harus dilakukan adalah, kesadaran dalam pendidikan Koperasi itu sangat penting sekali," terangnya.

Dijelaskannya, selain itu upaya yang harus dilakukan adalah mengenalkan Koperasi sejak dini di sekolah-sekolah, seperti adanya mata pelajaran Koperasi dan mata kuliah Koperasi di perguruan tinggi.

Terpisah, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Kalteng, Drs Dehen Erang MSi mengharapkan pada lomba cerdas cermat trampil Koperasi tingkat SLTA se Kalteng, peserta dapat memahami dan mengerti pentingnya Koperasi tersebut.

"Dalam lomba ini tidak hanya mengejar juara saja, namun yang terpenting adalah Koperasi dapat dipahami dan dimengerti kalangan siswa," tegasnya.

Kemudian, sambung dia, pendidikan Koperasi sangat penting sekali bagi generasi muda, terutama di kalangan siswa, karena dengan demikian mereka bisa lebih mengerti dan memahami pentingnya berpkoperasian tersebut.


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011