Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Pameran Thailand dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) sepakat bekerjasama dalam industri pameran untuk meningkatkan hubungan dunia usaha antara kedua negara.

"Kami mengajak para pebisnis asal Indonesia untuk terlibat dalam lima pameran terbesar di Thailand sebagai jembatan memasuki pasar ASEAN," kata Direktur Pameran Thailand Convention and Exhibition Bureau (TCEB) Supawan Teerarat pada forum bisnis bertajuk "Maximise Your Business Opportunity in ASEAN through Thailand?s Champion Trade Shows" di Jakarta, Kamis.

Menurut Supawan Teerarat, lima pameran dagang berskala internasional tersebut yaitu Bangkok International Gift Fair & Bangkok International Houseware (BIG + BIH) pameran industri hadiah dan souvenir.

Metalex (industri permesinan) Propak Asia (industri pengemasan makanan dan kesehatan), Renewable Energy (industri energi alternatif), dan VIV Asia (industri pertanian).

"Melalui forum bisnis ini kami mengajak pengjunjung dan mitra bisnis dari Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam pameran terbesar di Thailand itu," kata Supawan.

Ia kedua asosiasi sepakat bahwa dengan pameran diharapkan dapat meningkatkan potensi perdagangan dan investasi antara Thailand dan Indonesia melalui pameran-pameran yang pada akhirnya menciptakan pertumbuhan bersama bagi industri di kedua negara.

Menurutnya, pameran yang disebut "Better the Best" ini merupakan yang kedua kalinya, dan pada tahun lalu mencatat total nilai transaksi sebesar 146.8 juta dolar AS, dan menghasilkan lebih dari 2,281 juta dolar AS perjanjian bisnis.

Indonesia menempati peringkat tiga besar sebagai mitra Thailand di ASEAN dan delapan besar terbesar di dunia.

Nilai total perdagangan Thailand dengan Indonesia di tahun 2010 mencapai 13,02 miliar dolar AS, meningkat sekitar 54 persen dibandingkan tahun 2009.

"Indonesia merupakan satu dari lima negera tertinggi yang mengirimkan pengunjung ke pameran-pameran di Thailand pada tahun 2010," kata Supawan.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011